Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kesehatan / Manfaat Tiga Vitamin Pada Cabai

Manfaat Tiga Vitamin Pada Cabai

Edupost.ID – Cabai merupakan salah satu rempah yang dapat di temukan di berbagai belahan dunia. Seperti yang dilansir oleh Nutrition and You, terdapat tiga vitamin di dalam cabai yang bermanfaat bagi tubuh.

  1. Vitamin A
    Kandungan yang terdapat dalam vitamin A seperti flavonoid beta karoten, a-karoten, lutein, zea-xanthin, dan cryptoxanthin berguna sebagai antioksidan. Zat-zat ini berada dalam capsicum membantu untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dihasilkan saat stres.
    Cabai juga memiliki mineral seperti kalium, mangan, besi dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor pendukung untuk enzim antioksidan dan superoksida dismutase.
  2. Vitamin B Kompleks (B1, B6)
    Kandungan yang terdapat dalam vitamin B Kompleks seperti niacin, riboflavin, thiamin, Pyridoxine dan asam folat mampu mengurangi tingkat homocysteine yang tinggi.
    Tingkat homocysteine yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Jika ini terjadi maka akan menyebabkan resiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, cabai juga akan mengubah homocysteine menjadi molekul lain yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.
  3. Vitamin C
    Kandungan yang terdapat dalam vitamin C dalam cabai yang segar mampu berperan sebagai antioksidan yang kuat. Hal ini diperlukan untuk memproduksi kolagen dalam tubuh manusia.
    Kolagen adalah salah satu protein struktural utama yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ dan tulang. Konsumsi cabai yang cukup akan membantu melindungi tubuh dari penyakit kudis, mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi  atau meningkatkan kekebalan dan mengais radikal bebas pro-inflamasi dari tubuh. (Reza)

Check Also

sman-1-yogyakarta-unbk

UNBK 2017, Hanya Ada Soal Wajib dan Soal Pilihan

Edupost.id – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengatakan, saat Ujian …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *