Jumat , 28 Juli 2017
Home / Kesehatan / Mau Tahu Rahasia Panjang Umur? Simak 7 Hal Penting ini!
panjang-umur-bahagia
Ilustrasi. Panjang umur (foto: saateduh)

Mau Tahu Rahasia Panjang Umur? Simak 7 Hal Penting ini!

Edupost.id – Nenek-nenek di Cina bisa berusia hingga 115 tahun, begitupula beberapa orang di belahan bumi lainnya bisa menjaga dirinya sehingga tampak ‘awet muda’. Apa rahasianya mereka bisa tetap sehat meski di usia senjanya? Simak beberapa kiat berikut yang bisa menjaga kesehatan tubuh di sepanjang usia kita, dilansir life.gaiam.

1. Makan secukupnya jangan berlebihan

Masukkan kacang-kacangan, buah dan sayur-sayuran segar dalam diet sehari-harimu. Puasa sesekali sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Aktif bergerak

Biasakan beraktivitas secara rutin dalam bentuk olahraga ringan setiap harinya. Tak perlu aktivitas yang berat, yang penting anda menikmati kegiatan tersebut misalnya berkebun atau jalan-jalan di taman.

3. Tetapkan tujuan hidup atau target yang ingin dicapai

Pastikan anda memiliki alasan kenapa harus bangun pagi sehingga anda selalu punya semangat hidup setiap harinya. Jika anda bersemangat maka ini akan baik bagi kesehatan tubuh anda.

4. Kurangi stress

Meskipun manusia sulit terlepas dari berbagai persoalan hidup. Nmaun anda harus bisa tetap menenangkan hati dna pikiran anda. Beberapa orang memilih menenangkan diri dengan yoga dan meditasi. Sementara lainnya menjadikan ibadah sebagai sarana meraih ketenangan hidup.

5. Tetap berinteraksi sosial dengan sekitar

Milikilah hubungan sosial yang baik dengan lingkungan sekitar. Jalinlah komunikasi dengan kerabat dan teman. Memiliki ikatan emosional yang kuat dengan teman-teman dan keluarga, hal ini akan melindungi kita dari isolasi, depresi dan bahkan penyakit mental. Bagi manusia, cinta dan keakraban adalah hal yang sama pentingnya dengan makanan dan air.

6. Miliki spiritualitas yang tinggi

Ketenangan hidup dan kesehatan tubuh bisa dicapai melalui keimanan yang tinggi. Ibadah dan ketaatan beragama menjadi kunci mencapai ketenangan batin.

7. Berhenti merokok

Apapun alasannya, segera berhenti karena merokok hanya merusak tubuh anda.

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *