Kamis , 25 Mei 2017
Home / Kesehatan / Menikah Bantu Penderita Kanker tetap Hidup
Menikah bantu penderita kanker teap hidup
Menikah bantu penderita kanker tetap hidup (foto: NYTimes)

Menikah Bantu Penderita Kanker tetap Hidup

Edupost.id – Beberapa studi menemukan bahwa menikah meningkatkan kelangsungan hidup bagi pasien kanker. Seperti yang dilansir dari NYTimes, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kemungkinan besar dukungan sosial dan emosional dari pernikahan, memberikan efek yang positif bagi para penderita kanker.

Berdasarkan data kanker di California, para ilmuwan mengidentifikasi 783.167 pasien kanker meninggal sebanyak 386.607 orang. Mereka menggunakan data asuransi kesehatan dan tingkat sosial ekonomi lingkungan untuk menilai sumber daya ekonomi.

Resiko kematian pria yang belum menikah sebanyak 27 persen lebih tinggi dan wanita 19 persen. Sedangkan berdasarkan faktor sosial ekonomi, pria yang belum menikah memiliki resiko kematian 22 persen dan wanita 15 persen.

“Di kelompok ras dan etnis yang berbeda kami mampu menganalisis apakah sumber daya ekonomi berperan penting,” ujar ilmuwan penelitian di Pencegahan Cancer Institute di Fremont, California, Scarlett Lin Gomez. Ia menilai dukungan sosial lebih banyak memiliki peran bagi penderita kanker daripada sumberdaya ekonomi.

Sebuah studi kanker lainnya menemukan manfaat menikah bagi wanita penderita semua jenis kanker. Misalnya, dibandingkan dengan pria yang sudah menikah, angka kematian mencapai 33 persen bagi pria yang belum menikah.

Pada wanita penderita rahim, payudara dan lainnya menunjukkan perbedaan yang besar bagi mereka yang sudah dan belum menikah. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *