Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kesehatan / Puasa, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari
Puasa, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari
Ilustrasi: Minuman sehat. (Foto: blog)

Puasa, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Edupost.id – Berpuasa  dilakukan dari anak, remaja, dewasa sampai lanjut usia (lansia). Banyak yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat selama berpuasa. Seperti yang dilansir dari PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam), Dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan penjelasan makanan dan minuman yang harus dihindari di bulan puasa.

1.Hindari minum teh dan kopi saat sahur

Keduanya membuat metabolisme tubuh berjalan lebih cepat karena mangandung kafein. Sehingga anda mudah merasa haus meskipun tidak menyebabkan dehidrasi. Sebagian orang yang meminum kopi dan teh dapat membuat jantung berdetak cepat.

2. Batasi makanan yang lebih cepat dicerna

Menkonsumsi mananan dan minuman yang terlalu banyak gula membuat anda lebih cepat haus, contohnya makanan yang banyak mengandung gula.

3. Hindari minum atau makanan dingin

Hal ini akan membuat anda cepat kenyang sehingga asupan makanan dengan gizi yang lengkap menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

4. Batasi makanan yang digoreng

Hal ini dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh, terlebih bagi lansia akan cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak. Seperti penyakit jantung koroner dan hipertensi.

5. Konsumsi makanan yang lambat dicerna

Perbanyak konsumsi gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan nasi merah. Karena makanan ini lambat dicerna tubuh sehingga memberi efek kenyang lebih lama. Selain itu, berserat tinggi sehingga melancarkan proses pencernaan tubuh.

6. Berbuka dengan kurma

Kurma sangat baik sebagai makanan berbuka puasa karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan memakan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dapat terpenuhi.

7. Konsumsi pisang saat berbuka

Pisang sangat baik bagi tubuh anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat. Zat-zat ini sangat dibutuhkan dalam tubuh.

8. Konsumsi air atau jus buah

Lakukan hal ini di waktu antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk anda sehingga lancar beraktivitas esok harinya.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan. Semoga diberi kelancaran, kesehatan dan serta ikhlas menjalaninya. (Nisa)

Check Also

Tujuh Cara Mengatasi Mata Minus

Tujuh Cara Mengatasi Mata Minus Dengan Alami

Edupost.id- Mata minus atau rabun jauh merupakan keadaan tidak dapat melihat suatu objek secara jelas. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *