Senin , 29 Mei 2017
Home / Kesehatan / Puasa Membuat Kulit Jadi Lebih Cerah
puasa membuat kulit menjadi cerah
Puasa membuat kulit menjadi lebih cerah (foto: kentandlime)

Puasa Membuat Kulit Jadi Lebih Cerah

Edupost.id – Puasa dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Spesialis Kulit Kelamin Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dr. Kartika Ruchiatan, Sp.KK, M.Kes menyampaikan, puasa berpengaruh terhadap perkembangan sel sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Kartika menjelaskan bahwa puasa meningkatkan perkembangan sel sehingga proses regenerasi sel menjadi lebih cepat. Karena itu, kulit menjadi terlihat lebih cerah.

“Berpuasa bisa mengurangi penyakit kulit tertentu seperti jerawat, eksim. Kekurangan cairan saat berpuasa tidak akan berdampak langsung pada kekeringan kulit, karena akan tergantikan saat berbuka,” ucapnya.

Selain itu, saat berpuasa, lanjutnya, emosi seseorang menjadi lebih terkendali, sehingga dapat mengurangi tingkat stres, yang dapat berakibat pada membaiknya penyakit-penyakit kulit yang disebabkan oleh stres.

“Manfaat puasa yang banyak tersebut akan tercapai jika kita tetap melakukan kebiasaan baik seperti saat tidak berpuasa, seperti mengkonsumsi asupan gizi seimbang, istirahat cukup dan olahraga,” jelas Kartika. (Pemprov Jabar/ IK-SS)

Check Also

Terlalu lama Duduk Memicu Penuaan pada Wanita

Terlalu lama Duduk Memicu Penuaan pada Wanita

Edupost.ID-Duduk selama kurang lebih sembilan jam di kantor ataupun di rumah bukan hanya membuat punggung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *