Kamis , 27 Juli 2017
Home / Kesehatan / Ramadhan, Tujuh Persiapan agar Puasa Lancar
puasa
Ilustrasi. Puasa (foto: gimmeinfo)

Ramadhan, Tujuh Persiapan agar Puasa Lancar

Edupost.id – Tak lama lagi umat Islam akan menyambut bulan Ramadhan dan berpuasa selama sebulan penuh. Puasa memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh diantaranya dapat membersihkan sistem pencernaan serta menurunkan berat badan. Ada tujuh persiapan yang harus dilakukan agar lancar berpuasa di bulan Ramadhan, seperti dilansir wikihow.

1. Konsultasi ke dokter

Bila anda sedang dalam keadaan tidak sehat, segera konsultasikan ke dokter sebelum melaksanakan puasa. Namun, jika anda dalam kondisi sehat tidak masalah jika menjalankan puasa. Beberapa penelitian membuktikan bahwa berpuasa dapat membuang racun yang ada di dalam tubuh sehingga membuat tubuh lebih sehat.

2. Bersiap dengan perubahan tubuh

Siapkan diri atas perubahan yang mungkin terjadi di dalam tubuh anda. Jika anda belum pernah berpuasa, awalnya mungkin merasa lemas dan tidak bertenaga. Karena itu, saat sahur sebaiknya makan makanan yang bergizi dan hindari makanan dan minuman yang mengandung gula, minyak, dan es.

3. Kurangi zat adiktif

Berusahalah mengurangi asupan semua zat adiktif sebelum berpuasa dan selama berpuasa. Seperti mengurangi rokok bahkan berhenti merokok. Seperti dalam ajaran Islam, merokok merupakan tindakan makruh karena banyak dampak negatif yang didapat.

4. Berlatih puasa

Sebelum datangnya bulan puasa, anda dapat berlatih dengan memulai puasa sunah. Dalam Islam, diantaranya ada puasa Senin Kamis dan Puasa Nabi Daud. Hal ini akan mempersiapkan tubuh anda untuk nantinya terbiasa dengan berpuasa sebulan penuh.

5. Minum banyak cairan

Hal ini perlu dilakukan karena dibutuhkan tubuh agar lancar menjalani aktivitas seharian. Minumlah air mineral, jus dan susu. Anda harus memperbanyak asupan cairan agar tubuh tidak dehidrasai. Hindari minum teh dan kopi saat sahur karena membuat anda lebih mudah haus.

6. Istirahat yang cukup

Istirahat disini bukan berarti anda selalu tidur. Tapi, tidur malam yang cukup. Jangan terlalu banyak begadang dengan alasan menonton televisi, menelepon dan lainnya. Tidur lebih cepat dan bangun lebih awal sangat dianjurkan bagi anda.

7. Pahami manfaat berpuasa

Pastikan anda mengetahui manfaat dari berpuasa. Bacalah artikel atau majalah yang berhubungan dengan berpuasa. Hal ini dapat menambah pengetahuan dan motivasi anda dalam berpuasa. (Nisa)

Check Also

Antibiotik

Hati-hati, Bakteri Kebal Antibiotik Bisa Bahayakan Tubuh

Edupost.ID – Bakteri atau mikroba yang ada dalam tubuh manusia ternyata bisa menjadi resisten atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *