Selasa , 25 April 2017
Home / Kesehatan / Sudahkan Anda Menjaga Kesehatan Otak Anda? Simak 8 Hal Penting Ini
Otak

Sudahkan Anda Menjaga Kesehatan Otak Anda? Simak 8 Hal Penting Ini

Otak merupakan organ vital dalam tubuh kita karena menjadi pusat koordinasi seluruh kerja tubuh kita. Kesehatan otak menjadi hal penting yang harus kita perhatikan. Berikut ini 8 hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan otak, seperti dikutip dari CNN.

  1.  Refreshing atau relaksasi diri
    Kerja otak akan efektif bila kita tidak ‘overworking’ atau tidak kerja terus menerus. Otak tetap butuh diistirahatkan. Biasanya ‘aha moments’ atau ide brilian justru muncul tiba-tiba saat pikiran kita jernih atau otak kita sedang rehat. Pergi berlibur sejenak bisa menjadi upaya merecharge otak kita.
  2. Cukup tidur
    Tidur yang cukup membantu otak menyimpan memori lebih baik. Kurang tidur memepengaruhi daya tangkap otak terhadap informasi, selain itu juga beresiko penyakit diabetes, sakin jantung, stroke dan penuaan.
  3. Hindari ‘multitasking’
    ‘Multitasking’ atau melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu bukan hal yang baik bagi otak kita. Hal ini menurunkan mental kita dan membuat kita tak bisa menyelesaikan tiap pekerjaan yang ada dengan sempurna. Fokus pada satu tugas lalu beristirahatlah. Bila kita memang harus melakukan dua pekerjaan secara bersamaan, maka pastikan salah satu pekerjaan tersebut lebih sedikit membutuhkan kemampuan berpikir otak kita. Misalnya mencuci baju sambil menyanyi.
  4. Konsumsi vitamin D yang cukup
    Vitamin D meningkatkan kesehatan otak, terutama bagi yang berusia lanjut. Vitamin juga meningkatkan fungsi pembuluh darah dan pertumbuhan sel otak.
  5. Minum Teh Hijau
    Sudah sejak 5000 tahun yang lalu, studi menunjukkan bahwa minum teh hijau mampu meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan otak. Kafein yang terkandung di teh meningkatkan daya ingat dan memori otak.
  6. Senam Otak
    Olahraga otak atau yang diistilahkan senam otak mampu meningkatkan kekuatan berpikir otak kita. Melakukan tantangan baru atau mengubah aktivitas rutin yang ada, juga bisa memacu kemampuan otak kita.
  7. Baca novel atau karya fiksi
    Membaca karya fiksi meningkatkan fungsi otak, yani kemampuan konektivitas otak.

Check Also

Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Lezatnya Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat terobosan cara pengolahan lele yang berbeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *