Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Kesehatan / Sulit Tidur di Malam Hari, Ini Tujuh Cara Mengatasi Insomnia
Cara Mengatasi Insomnia
Cara Mengatasi Insomnia (empowher doc.)

Sulit Tidur di Malam Hari, Ini Tujuh Cara Mengatasi Insomnia

Edupost.id – Ada beberapa orang yang mengalami insomnia atau susah tidur malam. Hal ini tentu mempengaruhi kesehatan fisik Anda karena porsi istirahat di malam hari jadi terganggu. Berikut ini tujuh cara mengatasi insomnia yang bisa Anda coba seperti yang Edupost rangkum dari Prevention.

  1. Tetapkan jadwal

Anda perlu tetap tidur sesuai jadwal yang Anda tetapkan. Jangan begadang atau tidur larut yang bisa membuat Anda terlalu lelah hingga sulit tidur nyenyak di malam hari. Juga jangan tidur terlalu awal yang bisa membuat Anda terbangun saat di tengah malam sehingga sulit terlelap kembali.

  1. Hindari konsumsi makanan berat menjelang tidur

Mencerna makanan membutuhkan energi, jadi jika Anda makan makanan yang berat larut malam, tubuh Anda akan sulit mencerna saat harus tidur. Singkirkan makanan berminyak atau berlemak sebelum tidur, karena menyebabkan gerak refluks lambung yang bisa membangunkan Anda pada malam hari.

  1. Kurangi kafein

Kafein bekerja aktif di dalam tubuh anda hingga 7 jam, jadi jika Anda mengalami masalah tidur, jangan meminumnya melewati siang hari. “Ini juga dapat meningkatkan buang air kecil di malam hari dan sebaliknya berdampak pada tidur Anda,” kata Andrew Weil, MD.

  1. Jauhkan gadget

Ponsel, laptop, iPads, atau gadget lainnya harus dimatikan dan dijauhkan dari tempat istirahat jika Anda ingin tidur nyenyak. Perangkat pemancar pada gadget dapat merangsang otak sehingga membuat tubuh  sulit beristirahat.

  1. Olahraga

Studi menunjukkan bahwa memiliki jadwal olahraga teratur membantu penderita insomnia merasa lebih rileks dan lebih berenergi sepanjang hari.

  1. Jaga suhu tubuh agar tetap dingin

Saat suhu tubuh Anda turun, Anda mulai menghasilkan lebih banyak melatonin yang membuat Anda mengantuk. Karena itu, atur suhu kamar tidur Anda agar tetap sejuk dan tidak gerah. Mandi air hangat atau berendam di bak mandi tepat sebelum tidur juga membantu Anda tidur nyenyak di malamhari.

  1. Berhenti merokok

Nikotin adalah stimulan alami yang bisa membuat Anda tidak tertidur. Studi menunjukkan bahwa perokok empat kali lebih sulit untuk beristirahat nyenyak di malam hari dibandingkan bukan perokok.Berhentilah merokok jika Anda tidak ingin terjaga di malam hari.  (Vini)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *