Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kesehatan / Terganggu Hidung Tersumbat, Atasi dengan 8 Langkah ini
cara mengatasi hidung tersumbat
cara mengatasi hidung tersumbat

Terganggu Hidung Tersumbat, Atasi dengan 8 Langkah ini

Edupost.id – Hidung tersumbat sering kali membuat tubuh terasa tidak nyaman untuk beraktivitas. Dilansir dari healthline, hidung tersumbat terjadi karena peradangan pada pembuluh darah yang memicu pembengkakan pada jaringan di dalam hidung. Selain itu, hidung tersumbat juga disebabkan infeksi, alergi, atau bahkan cedera. Untuk mengatasi masalah hidung tersumbat beberapa tips berikut ini patut Anda coba.

1. Gunakan Pelembab

Pelembab bisa membantu mengosongkan cairan di hidung Anda dan mengembalikan pernapasan Anda normal. Letakkan pelembab di kamar Anda untuk memudahkan peradangan yang menyebabkan penyumbatan hidung Anda.

2. Mandi

Mandi air panas dapat membuat Anda bisa bernapas jauh lebih baik. Uap dari shower membantu menipiskan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Mandi air panas bisa membantu pernapasan Anda kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu.

Baca juga : Jus Melon Bisa Mengusir Jerawat di Hidung, Ini Caranya

3. Tetap Banyak Minum

Saat hidung tersumbat, Anda harus banyak minum air. Air putih, dan jus segar dapat dapat membantu Anda mengencerkan lendir di saluran hidung Anda, mengeluarkan cairan dari hidung Anda dan mengurangi tekanan pada sinus Anda. Jika hidung tersumbat disertai dengan sakit tenggorokan, teh hangat dan sup akan membantu meringankan ketidaknyamanan di tenggorokan Anda juga.

4. Gunakan Semprotan Larutan Garam

Menggunakan semprotan larutan garam pada hidung bisa meningkatkan kelembaban di lubang hidung Anda. Semprotan membantu mengencerkan lendir di bagian hidung. Ini dapat mengurangi peradangan pembuluh darah dan membantu membersihkan cairan dari hidung Anda.

5. Tiriskan Sinusmu

Anda bisa menyiram lubang hidung tersumbat Anda dengan panci neti, sebuah wadah yang dirancang untuk menyiram lendir dan cairan dari saluran hidung Anda. Badan Makanan dan Obat A.S. merekomendasikan agar menggunakan air suling atau steril dari pada air keran.

Cara melakukannya, empatkan pancaran panci neti di satu lubang hidung. Miringkan panci neti sampai air masuk ke saluran hidung Anda. Begitu air mengalir ke lubang hidung Anda, cairan hidung akan keluar melalui lubang hidung Anda yang lain. Lakukan ini kira-kira satu menit, lalu ganti sisi.

6. Gunakan Kompres Hangat

Kompres hangat bisa membantu melancarkan hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar. Yang harus Anda lakukan hanyalah mengompres hidung Anda dengan handuk yang telah dicelup ke air hangat. Hanya saja, saat dikompres cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam selama beberapa kali agar pernafasan bisa segera lebih lega.

7. Gunakan Dekongestan

Obat dekongestan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan saluran hidung yang tersinggung. Banyak dekongestan tersedia tanpa resep dokter.Terdapat dua bentuk dekongestan, yaitu semprotan dan pil. Semprotan hidung dekongestan yang umum termasuk oxymetazoline (Afrin) dan phenylephrine (Sinex). Pil dekongestan yang umum termasuk pseudoephedrine (Sudafed, Sudogest).

8. Minum Antihistamin atau Obat Alergi

Kedua jenis obat tersebut dapat mengurangi pembengkakan di bagian hidung Anda, membantu menyingkirkan hidung tersumbat Anda. Obat kombinasi yang mengandung antihistamin dan dekongestan dapat meredakan tekanan sinus dan pembengkakan yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *