Kamis , 30 Maret 2017
Home / Kesehatan / Terlalu lama Duduk Memicu Penuaan pada Wanita
Terlalu lama Duduk Memicu Penuaan pada Wanita
Terlalu lama Duduk Memicu Penuaan pada Wanita (foto: contenblogspot.com)

Terlalu lama Duduk Memicu Penuaan pada Wanita

Edupost.ID-Duduk selama kurang lebih sembilan jam di kantor ataupun di rumah bukan hanya membuat punggung terasa nyeri, mata perih dan bokong pun kebas. Menurut penelitian medis, duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Hal tersebut justru terungkap dalam proses tanda penuaan seperti keriput pada wanita. Seperti dilansir dari American Journal of Epidemiology, meneliti sampel darah pada 1500 wanita dewasa yang bertujuan melacak dampak duduk terhadap kromosom.

Peneliti membandingkan panjang telomore dengan seberapa sering wanita berolahraga untuk melihat bahwa aktivitas fisik  mempengaruhi proses penuaan.

Dengan menggunakan akselerometer untuk melihat seberaoa aktif seseorang dalam seminggu, peneliti kemudian menemukan bahwa wanita yang tidak cukup bergerak selama 30 menit sehari menjalani pola sedentary selama 10 jam atau lebih sehari memiliki telomere yang lebih pendek dibandingkan mereka yang menolak hanya duduk seharian.

Peneliti yang berasal dariUniversity of California San Diego, meneliti ujung DNA tiap sel untuk melihat berapa ukuran panjang  dipengaruhi oleh kurangnya gerak tubuh seseorang (sedentary). Semakin panjang telomere, semakin muda sel tersebut. (Inan)

Check Also

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Enam Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Edupost.ID- Ternyata segelas air hangat di pagi hari lebih bermanfaat, dibandingkan meminum secangkir kopi, teh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *