Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kesehatan / Tips Diet Ini Mampu Mencegah Penyakit Kanker dan Jantung

Tips Diet Ini Mampu Mencegah Penyakit Kanker dan Jantung

Edupost.id – Penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes dan jantung sesungguhnya bisa dicegah. Studi World Health Organization (WHO) selama 20 tahun terakhir yang mengulas satu juta publikasi ilmiah, menyimpulkan bahwa diet sehat serta aktivitas fisik yang memadai dapat mencegah kanker 35 persen, diabetes 90 persen dan penyakit jantung 80 persen.

Hal ini diungkapkan Guru besar Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (Fateta IPB), Prof.Dr Fransiska Rungkat Zakaria saat konferensi pers pra orasi ilmiah di Ruang Ex Lounge Kampus IPB Baranangsiang Bogor.

“Artinya sejak puluhan tahun yang lalu, jika kita sudah mengetahui informasi tentang diet sehat disertai aktivitas fisik, 35 orang dari 100 orang akan terhindar dari kanker, 90 orang dari 100 orang akan terhindar dari penyakit diabetes dan 80 orang dari 100 orang akan terhindar dari penyakit jantung,” terangnya.

Ia menyoroti, banyak produk pangan saat ini yang padat kalori dan tinggi garam, namun miskin zat gizi dan serat. Contoh produknya ialah biskuit, kue-kue, donat, mi, roti dan berbagai macam camilan.

Fransiska menjelaskan, bila lambung yang kapasitasnya terbatas diisi dengan makanan yang padat kalori dan kadar garam tinggi, maka besar kemungkinan tubuh menjadi gemuk namun kekurangan serat dan gizi serta kadar garam dalam tubuh akan meningkat.

Ia menyebutkan, ada tiga faktor utama dalam menyusun menu diet sehat yakni nabati, utuh dan alami.

Menurutnya, sumber pangan nabati yaitu campuran sayuran dan buah tidak berpati paling sedikit 600 gram per hari. Kemudian dilengkapi dengan serealia, umbi-umbian, buah berpati serta kacang-kacangan sebanyak 300-400 gram. Contoh buah-buahan berpati adalah pisang, labu parang dan sukun.

Sedangkan, konsep pangan utuh (whole foods), ia menekankan pada biji-bijian yang tidak disosoh sehingga masih membawa lapisan aleuron atau bekatul, seperti beras coklat, merah, hitam dan gandum utuh, serta meliputi kacang-kacangan dan polong-polongan yang masih mengandung kulit ari.

Fransiska menjelaskan, jika dikonsumsi dalam jumlah dan kombinasi yang tepat, maka diet sehat akan memberikan kecukupan gizi dan sekaligus mencegah terjadinya penyakit kronis seperti kegemukan, diabetes, jantung, kanker dan pikun dini.

“Diet seperti ini telah dibuktikan menghasilkan berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung dan kanker, dan disebut sebagai diet tidak sehat,” ulasnya. (IPB/IK-SS)

Check Also

sman-1-yogyakarta-unbk

UNBK 2017, Hanya Ada Soal Wajib dan Soal Pilihan

Edupost.id – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengatakan, saat Ujian …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *