Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kesehatan / Tujuh Cara Mengatasi Penyakit Migrain
Tujuh Jenis Sakit Kepala Mengganggu
Tujuh Jenis Sakit Kepala Mengganggu (foto: lifestyle.com)

Tujuh Cara Mengatasi Penyakit Migrain

Edupost.id- Migrain terjadi akibat hiperaktivitas implus listrik otak yang mendorong meningkatnya aliran darah di otak. Akibatnya, terjadi pelebaran pembuluh  darah otak serta proses inflamasi/peradangan. Berikut ini cara mengatasi penyakit migrain seperti yang dijelaskan oleh Tim Sarasvati dalam buku “Cara Holistik dan Praktis Atasi Migrain”.

Pelebaran dan inflamasi tersebut akan menyebabkan rasa nyeri dan gangguan lain. Makin berat inflamasi akan makin parah pula migrain lain yang diterima.

Berikut cara mencegah penyakit migrain:

  1. Buat catatan harian mengenai sakit kepala. Ini akan membantu mengenali dan menghindari pencetusnya. Catatan ini juga membantu mengetahui apakah gangguan migrain makin sering atau bertambah berat.
  1. Beristirahat/tidur dengan kuantitas dan kualitas yang cukup. Berlatihlah untuk melakukan relaksasi. Agar mengurangi ketegangan otot.
  1. Makin teratur dan menghindari makanan pencetus, atau sebisa mungkin jauhilah sumber-sumber penyebab migrain.
  1. Beberapa zat yang cenderung memicu migrain adalah kafein dan alkohol. Kurangi minum kopi atau teh. Adakalanya sedikit kafein atau kopi dapat meredakan migrain.
  1. Jika disebabkan oleh alergi, jauhilah pencetusnya, seperti cokelat, susu, keju, dan monosodium glutamat (MSG) dalam vetsin. Jauhi pula bau-bauan yang menyengat karena dapat memperarah.
  1. Menghindari dan mengelola stres. Apabila migrain diduga berkaitan dengan depresi atau kecemasan, mintalah pertolongan ahli untuk mengatasinya.
  1. Melakukan aktivitas sehari-hari secara teratur, untuk menghindari ketegangan dan kekacauan pikiran. (Puji)

Check Also

Tujuh Jenis Sakit Kepala Mengganggu

Tujuh Jenis Sakit Kepala Mengganggu

Edupost.ID- Sakit kepala kronis ditandai dengan berlangsung minimal 15 hari dalam satu bulan, dan terjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *