Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kesehatan / Tujuh Fakta Unik Tentang Jantung yang Patut Diketahui
fakta unik jantung
Jantung merupakan organ vital dalam tubuh kita. foto : goredforwomen

Tujuh Fakta Unik Tentang Jantung yang Patut Diketahui

Edupost.ID – Jantung adalah organ vital dalam tubuh kita yang memiliki komponen otot dan jaringan saraf. Sebagai komponen dari sistem kardiovaskular, jantung bertugas memompa darah ke sel-sel dan jaringan tubuh. Selain fakta tersebut, jantung ternyata memiliki beberapa fakta unik yang patut diketahui seperti yang dilansir oleh About.com.

  1. Jantung berdetak 100.000 kali pertahun.
    Pada anak muda, jantung berdetak antara 70 (saat istirahat) dan 200 (ketika aktivitas berat) kali per menitnya.
  2. Jantung akan memompa sekitar 5 liter darah dalam satu menit.
    Saat istirahat, jantung dapat memompa sekitar 1,3 galon (5 liter) darah per menit. Darah beredar melalui seluruh sistem pembuluh darah hanya dalam 20 detik. Dalam sehari, jantung memompa sekitar 2.000 galon darah melalui ribuan mil dari pembuluh darah.
  3. Jantung mulai berdetak antara 3 dan 4 minggu setelah pembuahan.
    Pada 4 minggu, jantung berdetak antara 105 dan 120 kali per menit.
  4. Jantung masih bisa berdetak ketika terpisah dari tubuh.
    Tidak seperti otot lainnya, kontraksi jantung tidak diatur oleh otak. Impuls listrik yang dihasilkan oleh kelenjar jantung menyebabkan jantung berdetak. Asalkan memiliki cukup energi dan oksigen, jantung kamu akan terus berdetak bahkan ketika berada di luar tubuh.
  5. Golongan darah terkait dengan penyakit jantung.
    Para peneliti telah menemukan bahwa golongan darah bisa menempatkan pada risiko terkena penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology. Orang-orang dengan golongan darah AB memiliki risiko tertinggi untuk terkena penyakit jantung. Mereka yang bergolongan darah B memiliki risiko tertinggi berikutnya, diikuti oleh jenis A. Mereka yang bergolongan darah O memiliki risiko terendah. Jenis darah AB dikaitkan dengan peradangan dan tipe darah A pada peningkatan kadar jenis kolesterol tertentu.
  6. Sekitar 20% dari output jantung pergi ke ginjal dan 15% ke otak.
    Sekitar 20% dari aliran darah masuk ke dalam ginjal. Di ginjal mereka menyaring sekitar 200 liter darah per hari. Aliran darah ke otak diperlukan untuk kelangsungan hidup. Jika aliran darah terganggu, sel-sel otak bisa mati dalam hitungan menit. Jantung sendiri menerima sekitar 5%.
  7. Jumlah darah yang dipompa oleh jantung terkait dengan penuaan otak.
    Orang-orang yang memiliki indeks jantung yang rendah memiliki volume otak lebih kecil dibandingkan dengan indeks jantung yang tinggi. Seiring dengan bertambahnya usia, otak kita menyusut dalam ukuran normal. (Iyes)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB Tuan Rumah Workshop Kedokteran Hewan Indonesia dan Jepang

Edupost.Id- Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi tuan rumah dalam acara workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *