Selasa , 30 Mei 2017
Home / Kesehatan / Tujuh Jenis Makanan yang Perlu Anda Hindari

Tujuh Jenis Makanan yang Perlu Anda Hindari

Edupost.id – Kesehatan adalah harta yang sangat berharga bagi hidup kita. Pola makan yang baik juga menunjang kesehatan tubuh. Selain mengonsumsi makanan bergizi, kita juga harus menghindari makanan yang mengganggu kesehatan. Ada tujuh jenis makanan yang sebaiknya kita hindari, dikutip dari buku karangan Nirmala Dewi mengenai gizi.

1. Makanan manis yang berlebih

Makanan manis dapat menyebabkan karies gigi, kegemukan, obesitas, diabetes. Selain itu, makanan seperti ini menyebabkan rasa kenyang sesaat namun rendah kalori sehingga nilai gizi makanan yang dikonsumsi rendah.

2. Junk food

Makanan siap saji lebih banyak mengandung lemak jenuh, lebih banyak gula dan garam. Selain itu, mengonsumsi junk food bisa menyebabkan obesitas, hipertensi, jantung, dan stroke.

3. Makanan yang mengandung penyedap rasa

Kita sering tidak menyadari telah mengonsumsi penyedap rasa melebihi batas seharusnya terutama bila jajan makanan di luar rumah. Misalnya pagi jajan bubur ayam, siang makan bakso, sore makan snack gurih. Semuanya mengandung penyedap rasa. Jika dijumlahkan, dalam sehari bisa melebihi batas aman penggunaan.

4. Makanan yang terlalu asin

Karena makanan seperti ini akan meningkatkan resiko hipertensi. Selain itu, makanan atau jajanan asin ini juga sering diberi tambahan penyedap rasa.

5. Makanan yang mengandung pewarna

Jajanan di luar rumah umumnya memiliki warna yang terang dan mencolok. Padahal, biasanya warna mencolok itu didapat dari pewarna buatan sekalipun pewarna khusus makanan namun juga tidak baik dikonsumsi melebihi batas aman. Bahkan, kadang ditemui pedagang yang nakal, memberi makanan dengan pewarna tekstil atau pewarna yang berbahaya bagi anggota tubuh.

6. Makanan yang mengandung pengawet.

Pengawet makanan tidak boleh dikonsumsi melebihi batas aman karena bisa menyebabkan kerusakan hati dan penyakit lainnya. Terlebih, pengawet yang bukan untuk makanan seperti formalin, sangat berbahaya bila dikonsumsi tubuh manusia.

7. Makanan berkafein

Kafein berlebihan dapat merusak sel-sel otak. Selain itu, dapat menghambat penyerapan zat gizi yang berguna bagi tubuh. (Nurfi)

Check Also

Himpunan Alumni (HA) IPB

HA IPB Komitmen Kawal Hasil Konvensi Hingga Proses Terpilihnya Rektor Baru

Bogor – Proses konvensi Bakal Calon Rektor (BCR) IPB periode 2017-2022 yang dilakukan oleh Himpunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *