Minggu , 24 September 2017
Home / Kesehatan / Tujuh Makanan Berlabel Sehat Ini Ternyata Berbahaya bagi Tubuh

Tujuh Makanan Berlabel Sehat Ini Ternyata Berbahaya bagi Tubuh

Edupost.id – Umumnya kita merasa tenang mengkonsumsi makanan atau minuman yang berlabel asli dari buah dan sayur. Namun, ternyata tidak semua makanan dan minuman yang berlabel alami tersebut memang benar-benar aman bagi tubuh. Berikut ini 7 makanan dan minuman yang berbahaya bagi tubuh, dilansir laman Authority nutrition.

  1. Jus buah kemasan

Banyak orang berpikir jus buah kemasan yang dijual di pasaran merupakan produk minuman yang sehat dan bergizi. Ternyata jus buah kemasan justru berbahaya bagi tubuh bahkan tidak memiliki nilai gizi sedikitpun. Karena di dalamnya hanya mengandung sedikit sekali nutrisi dari buah asli, selebihnya adalah perasa buatan. Sementara, di dalamnya juga ditambahkan begitu banyak gula dan bahan kimia lainnya yang bisa menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan serius lainnya.  Karena itu, hal yang terbaik adalah bila kita mengkonsumsi sepotong buah asli dan bukan dalam bentuk jus buah kemasan.

2. Margarin

Banyak orang lebih memilih margarin daripada mentega karena mereka berpikir margarin tidak mengandung kolesterol di dalamnya. Namun, taukah Anda bahwa margarin sangat tinggi kandungan lemak trans, yang dapat merusak pembuluh darah bahkan meningkatkan kolesterol Anda.

3. Gandum

Makanan sereal jenis apapun yang banyak diiklankan tersebut justru tak sehat bagi tubuh. Di dalamnya terkandung gula dan karbohidrat olahan. Umumnya perusahaan penjual serela menambahkan vitamin sintetis dan sejumlah kecil biji-bijian dalam campuran, lalu memasarkan produk mereka sebagai makanan sehat bergizi. Jangan tertipu oleh label rendah lemak , bebas lemak , gandum , dll, karena makanan jenis ini cukup tinggi kandungan gula nya.

4. Almond

Kita sering mengira almond yang lezat tersebut adalah cemilan yang sehat bahkan bisa jadi campuran masakan. Padahal almond tetap merupakan bagian biji dari sebuah buah. Sementara biji memiliki kandungan zat tertentu yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan berbahaya bagi tubuh.

5. Kentang goreng

Kentang memang mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi kita beraktivitas. Nmaun bila kentang digoreng maka nila gizinya sudah tidak ada lagi. Zat tersisa hanya minyak goreng yang banyak terserap saat penggorengan. Bila kita makan kentang goreng kita akan mudah kenyang namun tidak akan bertahan lama, berikutnya tubuh kita cepat kehabisan enegri saat masih beraktivitas.

6. Fast food

Anak muda umumnya sangat menyukai makanan jenis ini, karena praktis dan lezat . Padahal sudah banyak informasi kesehatan yang menyatakan bahaya fast food. Nilai gizi yang rendah dan hanya mengenyangkan saja, menyebabkan makanan perlu kita hindari.

7. Susu dan Es Krim

Kandungan gula dan lemak yang tinggi pada susu terutama es krim menjadikan makanan jenis ini juga perlu kita kurangi konsumsinya. Rasanay yang lezat dan kandungan kalsium yang disampaikan di iklan-iklan kadang menipu kita seolah ini sangat baik jika sering dikonsumsi. Padahal nilai gizinya tak sebnading dibandingkan bahaya yang bisa dimunculkan. (RR/EI)

Check Also

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Mahasiswa UNY Ciptakan Media Pembelajaran Mitigasi Anak SD

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menciptakan inovasi media pembelajaran mitigasi bencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *