Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kesehatan / Tujuh Masalah Kesehatan Akibat Tidur dengan Rambut Basah
Masalah Kesehatan Akibat Tidur dengan Rambut Basah
Masalah Kesehatan Akibat Tidur dengan Rambut Basah

Tujuh Masalah Kesehatan Akibat Tidur dengan Rambut Basah

Edupost.id – Mandi sebelum tidur adalah cara yang bagus untuk membantu merilekskan tubuh dan mencapai kualitas tidur yang lebih baik. Namun, tidur dengan rambut basah menyebabkan munculnya beberapa masalah kesehatan. Berikut ini efek negatif yang mungkin terjadi seperti yang Edupost rangkum dari Step to Health.

1. Sakit kepala

Tidur dengan rambut basah dapat menimbulkan sakit kepala karena adanya perubahan suhu tubuh secara mendadak. Membungkus rambut dengan handuk bisa membuat masalah lebih buruk lagi karena kelembaban dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Rambut rusak

Sebaiknya hindari mencuci rambut di shower sebelum tidur karena menimbulkan kerusakan rambut lebih parah.

3. Infeksi kulit

Memiliki rambut basah saat tidur meningkatkan resiko infeksi kulit karena mikroorganisme jamur dan bakteri memiliki lingkungan ideal untuk bereproduksi atau tumbuh.

4. Gatal dan Bengkak

Jamur yang tumbuh di kulit akibat rambut yang basah bisa menyebabkan rasa gatal dan radang yang tidak nyaman, bahkan setelah rambut Anda mengering.

5. Alergi dan pilek

Perubahan suhu tubuh yang terjadi saat tidur dengan rambut basah bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memicu kondisi seperti alergi dan pilek.

6. Rambut berminyak

Tidur selama beberapa jam dengan rambut lembab cenderung meningkatkan kelebihan lemak dan menghasilkan tekstur yang lengket.
Hal ini disebabkan oleh perubahan yang dialami oleh kelenjar sebaceous, yang pada gilirannya menyebabkan tingkat pH yang tidak seimbang di kulit kepala.

7. Sakit otot

Meski hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, Perubahan suhu yang dihasilkan tubuh tidak hanya dapat menyebabkan masalah peredaran darah tetapi juga meningkatkan kejang otot dan ketegangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *