Selasa , 12 Desember 2017
Home / Kesehatan / Tujuh Tanda Kanker Payudara yang Sering Diabaikan
peduli kanker payudara
Peduli kanker payudara (foto: studyhealth)

Tujuh Tanda Kanker Payudara yang Sering Diabaikan

Edupost.id – Kanker payudara menjadi salah satu penyakit berbahaya yang kerap diderita wanita di zaman modern saat ini. Para wanita perlu lebih waspada dan tidak mengabaikan beberapa tanda munculnya penyakit ini. Berikut ini tujuh tanda kanker payudara yang sering diabaikan, seperti dilansir breastcancer.org.

1.Puting patudara sakit

Jika puting payudara agak sakit, dan makin sakit saat disentuh dan bahkan mengeluarkan cairan putih yang bukan air susu, maka wajib diwaspadai.

2.  Tekstur kulit berubah

Beberapa jenis kanker payudara menunjukkan adanya perubahan tekstur kulit seperti misalnya menjadi seperti kulit jeruk, pori-pori jadi terlihat besar.

3. Lebam yang tak kunjung sembuh

Jika anda terbentur atau timbul lebam-lebam ungu kehitaman di tubuh tapi tidak juga reda dan hilang bahkan setelah minum antibiotik, maka patut diwaspadai.

4. Batuk pilek yang tidak segera sembuh

Saat menderiat kanker, sistem imun juga melemah sehingga tubuh mudah terserang batuk pilek. Jika sakit ringan ini tak kunjung sembuh, periksakan ke dokter.

5. Berat badan berubah drastis

Bila anda mengalami kenaikan atau penurunan berat badan dengan cepat tanpa alasan tertentu, tanda tubuh bermasalah karena efek kanker.

6. Gatal-gatal

Jika tubuh terasa gatal-gatal dan rasa gatal itu tak kunjung reda atau menghilang, bisa jadi karena sel kanker mencoba mencoba membentuk jarigan di dalam tubuh.

7. Sakit Punggung

Sakit punggung atau tulang belakang bisa jadi karena kurang olahraga, namun jika tak juga hilang bahkan ketika  sudah melakukan olahraga, kanker payudara bisa jadi penyebabnya, karena sel kanker menekan bagian syaraf dan ligamen tulang belakang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *