Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kesehatan / Tujuh Tips agar Tubuh Tetap Bugar Selama Berpuasa Ramadhan

Tujuh Tips agar Tubuh Tetap Bugar Selama Berpuasa Ramadhan

Edupost.ID – Ramadhan telah di depan mata, semua umat muslim melaksanakan kewajibannya untuk berpuasa sebulan penuh. Selama berpuasa, tubuh perlu dijaga agar tetap fit sehingga aktivitas sehari-hari bisa berjalan seperti sedia kala. Ini sepuluh tips agar tubuh tetap bugar meski sedang berpuasa, seperti dilansir nuhealth.net :

  1. Perbanyak Minum
    Saat berpuasa tubuh mengalami kekurangan banyak cairan, padahal kebutuhan tubuh atas cairan tidak berubah bahkan bisa jadi bertambah karena cuaca yang panas serta aktivitas yang berat. Karena itu, perbanyak mengkonsumsi cairan atau minuman saat malam hari sebelum tidur dan saat sahur.
  2. Konsumsi lebih banyak karbohidrat
    Tubuh menjadi cepat lapar karena frekuensi makan yang berubah. Karena itu, perbanyak konsumsi makanan beri karbohidrat seperti kentang atau mie. Makanan berkarbohidrat tinggi dapat menjadi zat cadangan makanan dalam tubuh kita.
  3. Istirahat yang cukup dan kurangi aktivitas fisik yang terlalu berat
    Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup. Tidak cukup tidur dapat memicu rasa lapar dan membuat tubuh lemas selama berpuasa. Juga hindari aktivitas di bawah terik matahari langsung karena jika terus menerus kekurangan cairan, tubuh bisa dehidrasi saat berpuasa.
  4. Kurangi konsumsi kafein
    Bagi anda penikmat kopi, cobalah mengurangi jumlah kafein yang anda minum selama dua atau tiga hari, sehingga tubuh Anda terbiasa dengan perubahan tersebut. Kafein dalam kopi cukup berefek bagi tubuh, Karena itu perlu dikurangi selama berpuasa.
  5. Berbuka dengan minuman atau makanan yang manis
    Cara terbaik untuk berbuka puasa adalah dengan mengganti sesegera mungkin cairan tubuh dan zat gula serta garam yang telah banyak berkurang selama berpuasa. Ada banyak cara untuk mengembalikan kembali asupan zat ini ke dalam tubuh anda dengan cepat. Diantaranya dengan mengkonsumsi jus buah atau buah yang kaya gizi dan manis rasanya seperti kurma.
  6. Jika sedang sakit, tidak perlu memaksa diri untuk berpuasa
    Saat sehat, tubuh rentan menjadi lemas karena asupan makanan dan minuman yang berkurang. Terlebih bila sedang sakit, tubuh membutuhkan lebih banyak asupan gizi untuk melawan penyakit dalam tubuh dan energi lebih banyak untuk masa penyembuhan (IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *