Kamis , 25 Mei 2017
Home / Kesehatan / Wow! Konsumsi Coklat Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak
cokelat
Cokelat (foto: nzbs.co)

Wow! Konsumsi Coklat Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak

Edupost.id – Siapa yang tidak ketagihan menikmati coklat. Tap taukah Anda bahwa coklat selain lezat juga memiliki khasiat yang luar biasa dalam meningkatkan kecerdasan otak kita.

Sebuah studi yang dipublish di jurnal Neurology dan dimuat npr, menunjukkan sebuah penelitian yang membuktikan besarnya manfaat memakan coklat dalam meningkatkan kinerja otak manusia.

Pada studi tersebut, orang dewasa (usia sekitar 73 tahun) yang minum dua cangkir minuman coklat rutin setiap harinya selama sebulan, menunjukkan kemampuan yang luar biasa. Ia bisa menyelesaikan tes kognitif hingga tuntas. Gambar otaknya memperlihatkan bahwa aliran darah ke otaknya menjadi lancar.Para peneliti tersebut menilai kandungan flavanol dalam coklat lah yang menyebabkan coklat berkhasiat terhadap kinerja otak manusia.

Penelitian lebih lanjut mengenai efek flavanol dalam coklat ini dilakukan terhadap 90 pasien berusia lanjut yang daya ingatnya telah melemah. Pasien yang mengkonsumsi minuman coklat (520 mg) selama 8 minggu dan yang mengkonsumsi kadar yang lebih tinggi yakni 990 mg, menunjukkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan pasien yang hanya mengkonsumsi 45 mg flavanol dalam coklatnya.

Hal itu terlihat dari meningkatnya kemampuan dalam hal kelancaran berbicara, tingkat perhatian/konsentrasi yang lebih baik dan daya ingat yang lebih kuat.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa, kandungan flavanol dalam coklat mampu meningkatkan aliran darah dan membantu pembentukan pembuluh darah baru. Zat ini juga mampu mengontrol gula darah yang melindungi otak dari bahaya ketidakseimbangan insulin dalam tubuh.

Jadi, sekarang kita tau manfaat mengkonsumsi coklat bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak kita. (RR)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *