Jumat , 24 Maret 2017
Home / Khazanah / 3 Faktor Penyebab Hilangnya Pahala Puasa
3-Faktor-Penyebab-Hilangnya-Pahala-Puasa
Ilustrasi: Marah, salah satu Penyebab Hilangnya pahala Puasa. (Foto: ipdbelize)

3 Faktor Penyebab Hilangnya Pahala Puasa

Edupost.id – Pahala berpuasa di bulan Ramadhan sangat besar namun nilainya dapat berkurang karena beberapa hal. Ada tiga faktor penyebab hilangnya pahala puasa seperti yang dijelaskan Ninik Susilawati, Guru Fiqih MTsN Bangsal.

1. Marah

Orang yang tidak dapat mengendalikan amarahnya mudah terkena disfungsi otak ringan. Ia menjadi agresif, kasar dan pemarah. Kemarahan yang tidak bisa dikendalikan akan meningkatkan resiko serangan jantung dan memicu tekanan darah tinggi.

Ninik menyebutkan bahwa Janise E. William, Atlanta, Georgia, AS dalam penelitiannya menemukan bahwa orang yang bertemperamen tinggi beresiko dua kali lebih besar mengidap penyakit jantung. “Dengan ibadah puasa seseorang dilatih mengendalikan kekuatan amarahnya,” ujarnya kepada Edupost.id.

Baca juga : Makna Menahan Hawa Nafsu selama Berpuasa Ramadhan

2. Hawa Nafsu

Hawa nafsu dapat menjerumuskan seseorang dalam kehidupan glamor, konsumerisme dan hedonisme. “Betapa banyak orang yang berpuasa di siang harinya, pada saat berbuka justru melampiaskan nafsunya secara berlebihan. Sehingga puasanya tidak memberikan hikmah berupa kesehatan pada jiwa dan raganya,” jelas Ninik.

3. Pola Pikir Manusia

Jika tidak dapat berpikir positif, seseorang dapat berjalan di luar rambu agama. Hikmah puasa terhadap pola pikir yaitu agar tidak mengagungkan pikiran dan menyeimbangkan dengan kekuatan lainnya serta menyelaraskan dengan rambu Agama. “Sebab puasa sebenarnya mampu menghidupkan pikiran dan mempertajam penglihatan mata hati,” ucapnya.

Nabi SAW telah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari “Berpuasalah kamu, niscaya kamu sehat”. Anjuran Nabi ini terbukti dapat mengantarkan seseorang kepada kesehatan jiwa dan raganya. Kunci keberhasilan orang yang berpuasa yaitu dengan mengendalikan tiga faktor di atas. (Nisa)

 

Check Also

pramuka-jaga-pos-mudik-lebaran

Lebaran, Kwarda Pramuka DIY Buka 16 Posko Mudik

Edupost.id, Yogyakarta – Menghadapi arus mudik 2016, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *