Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Khazanah / Cara Menghafal Al Quran Semudah Al Fatihah
Cara-Menghafal-Al-Quran-Semudah-Al-Fatihah
Ilustrasi: Ayah dan Anak sedang Membaca Al Quran. (Foto: alquranhometutor)

Cara Menghafal Al Quran Semudah Al Fatihah

Edupost.id, Bogor – Bagi sebagian anak dan orang dewasa menghapal Al Quran dirasa cukup sulit. Namun, ada cara mudah untuk menghafal Al Quran semudah Surat Al Fatihah. Seperti yang dilansir Muslimmatters, Yasir Qadhi dalam seminar Sciences of the Qur’an.

1. Niat

Hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu tujuan (jika berniat baik maka akan mendapatkan yang baik). Pastikan bahwa niat anda hanya demi Allah SWT. Serta untuk mencari rahmat dan ridhanya. Jangan jadikan pamer kepada orang lain sebagai tujuan anda. Ketulusan harus dilakukan setiap waktu, tidak hanya hendak membaca Al Quran.

2. Konsisten

Semakin sering anda menghafal, maka semakin mudah masuk dalam ingatan anda. Hal ini sangat penting konsisten dengan tidak melewatkan membaca Al Quran satu haripun karena tidak ada hari libur dalam ibadah. Minimal anda perlu menghafal setidaknya tiga baris, tapi lima baris dalam sehari lebih baik.

Baca juga: Walikota Padang Ingin Warganya Hapal Al Qur’an

3. Waktu dan suasana

Waktu terbaik untuk menghafal Al Quran yaitu tepat setelah Subuh. Carilah tempat dan suasana yang nyaman dan sunyi untuk menghafal Al Quran. Matikan semua perangkat komunikasi anda dan elektronik.

4. Mendengar Murottal

Sebaiknya anda membaca Al-Quran dengan artinya dan biasakan mendengarkan muratal Al Quran. Bacalah Al Quran dengan terjemahannya. Anda dapat mengunduh atau membeli audio yang berisi muratal 30 juz Al Quran.

5. Ajak keluarga dan teman

Ajaklah keluarga dan teman untuk bersama-sama menghafal Al Quran. Kemudian anda dapat bergantian membaca Al Quran dan saling mendengarkan hafalan masing-masing.

6. Gunakan hafalan dalam shalat

Biasakan menggunakan hafalan surat Al Quran dalam bacaan shalat. Hal ini akan mempermudah anda dalam mengingat ayat suci Al Quran. Jika anda lupa pada ayat tertentu, setelah shalat segeralah perbaiki hafalan anda. (Nisa)

Baca juga : Daftar Perguruan Tinggi yang Menerima Penghafal Qur’an

Check Also

SMK-Informatika-Pesat-Beri-Umroh-Gratis-bagi-Hafidz-Quran

SMK Informatika Pesat Beri Umroh Gratis bagi Hafidz Quran

Edupost.id – SMK Informatika Pesat, Bogor memberikan umroh gratis bagi hafidz quran atau siswa yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *