Rabu , 24 Mei 2017
Home / Khazanah / Delapan Manfaat Berhijab bagi Wanita Muslim
Manfaat Berhijab bagi Wanita Muslim
Manfaat Berhijab bagi Wanita Muslim (foto: squarespace)

Delapan Manfaat Berhijab bagi Wanita Muslim

Edupost.id- Pada era sekarang, semakin banyak wanita menggunakan jilbab tanpa tau makna dan manfaat menggunakannya. Berhijab merupakan kewajiban bagi setiap muslimah di dunia, karena berhijab merupakan salah satu dari sunnah Rasullullah SAW serta syariat agama.

Bukan sekedar anjuran saja, namun terbukti dalam quran surat Al-Ahzab: 59, “Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Demikian supaya mereka mudah dikenali, dan tidak mudah diganggu.  Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang”.  Dlansir dari Everymuslim, berikut delapan manfaat serta makna menggunakan hijab.

  1. Terhindar dari rasa sombong

Selain meningkatkan ketakwaan seorang muslimah, dengan berjilbab wanita muslimah akan berpikir ratusan kali untuk tidak menyombongkan diri. Disebabkan karena beban moral yang di emban akan terasa lebih menyakitkan.

  1. Patuh perintah Agama

Salah satu sunnah Rasullullah SAW , tersampaikan melalui hijab. Ketika menggunakan hijab, perasaan dekat terhadap Allah SWT akan terasa. Apalagi jika terus diimbangi dengan amalan yang baik.

  1. Mencegah kanker kulit

Dalam ilmu kedokteran, berhijab membantu terhindar dari kanker milanoma. Penyakit yang disebabkan oleh pakaian ketat plus terkena sinar matahari dalam waktu lama akan.

  1. Mencegah sinar matahari langsung

Sinar matahari yang terik akan mengakibatkan berbagai masalah rambut dan kulit kepala yang mungkin berdampak serius. Sebagai salah satu pelindung kepala hijab sudah cukup menetralisir panas dari matahari.

  1. Mendidik berperilaku baik

Survei telah menunjukan bahwa laki-laki cenderung segan untuk menggoda atau bahkan berperilaku buruk terhadap seorang muslimah berhijab. Percaya atau tidak, ini adalah manfaat berhijab yang tidak disadari.

  1. Mengurangi biaya takterduga

Misalnya saat menghadiri pesta atau sebuah acara, yang mengharuskan para pesertanya bergaya rapih dan mewah. Berhijab merupakan salah satu pilihan yang baik, untuk tidak membuat banyak masalah berdandan dan bergaya.

  1. Mendapat lapangan kerja yang luas

Sebenarnya sebuah kalimat “Sulit, mencari kerja untuk wanita berkerudung,” sangatlah tidak benar. Saat ini, jutru banyak dari kalangan muslimah membantu membuka pekerjaan untuk sebuah indutri kecil atau sebagai wirausahawan yang mengembangkan banyak kreativitas.

  1. Menjaga martabat diri

Bukan semata menutupi aurat, melainkan menjaga pandangan seorang mukmin. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa jilbab bukan jaminan dalam perilaku seseorang, namun jika seseorang telah memiliki niat berhijap, maka ia tentu akan berusaha untuk menjalani perintah agamanya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *