Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Khazanah / Diprotes, Kampus di Cina Cabut Fasilitas Mahasiswa Muslim
Diprotes, Kampus di Cina Cabut Fasilitas bagi Mahasiswa Muslim
Diprotes, Kampus di Cina Cabut Fasilitas bagi Mahasiswa Muslim (Foto : Soacuni)

Diprotes, Kampus di Cina Cabut Fasilitas Mahasiswa Muslim

Edupost.id – Sebuah universitas di Provinsi Anhui Cina, Anhui University of Science and Technology akhirnya mencabut fasilitas ruang mandi yang semula diperuntukkan khusus bagi mahasiswa muslim. Keputusan ini dilakukan menyusul protes yang disampaikan mahasiswa lainnya.

Beberapa foto terkait hal tersebut tersebar viral di media sosial beberapa waktu lalu, (17/9). Dalam foto itu terlihat sebuah ruang mandi di Anhui University of Science and Technology yang diberi tanda khusus mahasiswa Muslim.

Salah satu foto menunjukkan sebuah kertas yang digantung, bertuliskan ajaran dari Al-Qur’an. Mandi adalah aktivitas yang sangat pribadi dan tidak boleh dilihat orang lain. Untuk menghormati mahasiswa Muslim, kami menyediakan ruang mandi khusus ini bagi mereka.

Fasilitas yang diberikan pihak universitas bagi mahasiswa muslim itu menuai protes. Netizen mempertanyakan keputusan universitas mengistimewakan mahasiswa Muslim. Menurut mereka, dengan memisahkan mahasiswa muslim dari yang lain dinilai akan membuat mahasiswa muslim besar kepala.

Seorang pegawai Departemen Kehumasan Anhui University of Science and Technology bermarga Zhang mengatakan, karena tekanan itu, pihak universitas membatalkan fasilitasi area mandi khusus mahasiswa Muslim itu dan mencopot aneka tulisan yang semula mereka tempel. Zhang menyebut, hanya sembilan bilik yang disediakan bagi mahasiswa muslim, seperti dilansir The Global Times, (20/9).

Anhui University of Science and Technology mulai menerima mahasiswa muslim dari Daerah Otonomi Uighur Xinjiang sejak 2015. Ada 14 mahasiswa muslim yang belajar di sana dan mereka diterima di jurusan kedokteran klinis dan sastra. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *