Minggu , 26 Maret 2017
Home / Khazanah / Empat Keutamaan Puasa Syawal
Empat-Keutamaan-Puasa-Syawal
Keutamaan Puasa Syawal. (Foto: syaamilquran)

Empat Keutamaan Puasa Syawal

Edupost.id – Puasa Syawal merupakan amalan pada bulan Syawal yang dikerjakan setelah Hari Raya Idul Fitri. Seperti dilansir Islamtoday, terdapat enam keutamaan berpuasa Syawal. Puasa Syawal biasanya dikerjakan selama enam hari.

Berikut keutamaan dari puasa syawal:

1. Mendapat pahala setahun penuh

Puasa enam hari di bulan Syawal setelah puasa Ramadhan diberikan pahala seperti berpuas selama setahun penuh. Abu Ayyub al-Ansari meriwayatkan bahwa Rasulullah (SAW) mengatakan: “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dan kemudian mengikutinya dengan enam hari puasa di bulan Syawal, maka akan seolah-olah dia telah berpuasa tahun melalui ” [Sahih Muslim (1163)].

2. Menutupi kekurangan puasa Ramadhan

Puasa Syawal sama halnya dengan amalan sunnah lainnya yang menyertai shalat wajib. Mereka yang mengerjakan shalat sunnah merupakan penyempurna shalat wajib. Begitupula dengan puasa Syawal. Penyempurna disini yaitu saat ada kekurangan dalam perilaku di bulan Ramadhan yang mengurangi ibadah. “Dan terlibat dalam pekerjaan baik, yang barangkali kamu akan sukses” [QS Al-Hajj: 77].

3. Salah satu tanda puasanya diterima Allah SWT

Berpuas setelah Ramadhan merupakan salah satu tanda bahwa puasanya diterima Allah SWT. Saat Allah SWT menerima ibadah seseorang, maka Allah SWT memberkati mereka untuk melakukan ibadah yang berkelanjutan. Sebuah pepatah mengatakan “Ibadah yang baik adalah ibadah yang berkelanjutan”.

4. Upaya berterimakasih kepada Allah SWT

Puasa Syawal merupakan salah satu cara bagi seseorang untuk menyatakan terimakasih kepada Allah SWT. Tidak ada keberkahan yang lebih besar dari diampuninya dosa oleh Allah SWT. Sesungguhnya Allah telah memerintahkan kita untuk bersyukur atas berkah puasa Ramadhan dan untuk melakukannya dengan membuat menyebutkan Nya dan melalui cara lain mengucap syukur. Allah berfirman: “(Dia ingin Anda) untuk melengkapi jumlah hari, dan memuliakan Dia karena Ia telah membimbing Anda, dan barangkali Anda bersyukur” [Surah Al-Baqarah: 185]. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *