Rabu , 26 Juli 2017
Home / Khazanah / Mahfud MD: Orang yang Bertakwa, Suka Berdzikir
mahfud-MD
Mahfud MD (youtube)

Mahfud MD: Orang yang Bertakwa, Suka Berdzikir

Edupost.id, Yogyakarta – Bulan Ramadhan merupakan momentum untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Orang yang bertakwa adalah orang yang suka berdzikir yaitu senantiasa mengingat Allah dalam setiap tindakan. Demikian dikatakan Prof. Mahfud MD dalam ceramah Shalat Tarawih di Masjid Kampus UGM, semalam (7/6).

“Orang yang bertakwa adalah orang yang suka berdzikir kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Mahfud melanjutkan, berdzikir dapat di manapun kita berada. Apapun profesi kita, menurut Mahfud harus tetap berdzikir kepada Allah.

Dzikir dalam arti sempit misalnya dengan membaca “Subhanallah”. Sedangkan berdzikir dalam arti luas adalah mampu memahami hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Atau dalam arti lain, menurut Mahfud, dzikir juga berarti istiqomah. Jika setiap orang mampu berdzikir, dengan bahasa lain yaitu mampu memahami hal-hal yang tidak boleh dilakukan, maka dunia ini akan menjadi tenang.

Hal ini sesuai janji Allah bahwa Allah akan memberikan hati yang tenang jika berdzikir. Dalam ceramahnya ini Mahfud mengutip ayat Al Quran yang artinya, “Berdzikirlah maka hati akan menjadi tenang”. Oleh karenanya, Mahfud mengajak kita untuk tetap berdzikir di manapun dan kapanpun kita berada. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *