Selasa , 25 April 2017
Home / Khazanah / Makna Menahan Hawa Nafsu selama Berpuasa Ramadhan
Makna-Menahan-Hawa-Nafsu-selama-Berpuasa-Ramadhan
Ilustrasi: Tiga Anak sedang Menunggu Waktu Berbuka. (Foto: inapcache.boston)

Makna Menahan Hawa Nafsu selama Berpuasa Ramadhan

Edupost.id – Berpuasa berarti harus mampu menahan diri dari berbagai hawa nafsu. Ada makna mendalam dari menahan hawa nafsu bagi mereka yang berpuasa Ramadhan.

“Terdapat salah kaprah dalam tradisi di masyarakat kita ketika saat mereka berbuka, mereka makan apa saja sehingga kekenyangan. Itu sangat bertentangan dengan falsafah puasa itu sendiri. Padahal Rasulullah SAW mengajarkan makanlah ketika sudah merasa lapar dan ketika makanpun tidak sampai kekenyangan,” jelas Guru Fiqih MTsN Bangsal, Mojokerto Ninik Susilawati kepada Edupost.id, (7/6).

Ninik mengungkapkan, berpuasa tentu menurunkan stamina, namun keimanan seseorang akan meningkat. Hal itu menunjukkan bahwa hawa nafsu pada umumnya bersamaan dengan keadaan fisik seseorang.

“Orang yang makannya kenyang, bisa saja nafsunya meningkat. Emosinya juga ikut naik, tetapi dalam keadaan lapar, nafsunya akan menurun,” terangnya.

Menahan hawa nafsu, tambah Ninik, harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ramadhan juga membuat persaudaraan menjadi erat. Sebab dengan lapar, orang bisa merasakan bagaimana perasaan orang lain yang serba kekurangan. Maka timbullah sikap toleran kepada mereka. Sehingga saat hari raya mereka dapat merasakan kemenangannya.

“Ada sebuah syair yang mengungkapkan ,”laisal ‘iid liman labisal jadiid walaakinnal ‘iid liman tha ‘atuhu taziid”. Bahwa yang dikatakan hari raya itu bukanlah dengan menggunakan pakaian serba baru, tapi hari raya itu adalah bagi mereka yang ketaatannya meningkat,” tuturnya. (Nisa)

 

 

Check Also

pramuka-jaga-pos-mudik-lebaran

Lebaran, Kwarda Pramuka DIY Buka 16 Posko Mudik

Edupost.id, Yogyakarta – Menghadapi arus mudik 2016, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *