Rabu , 7 Desember 2016
Home / Khazanah / Pentingnya Menjaga Lisan dan Ucapan
Hal Penting Dalam Menjaga Lisan
Hal Penting Dalam Menjaga Lisan

Pentingnya Menjaga Lisan dan Ucapan

Edupost.ID- Ketidaksabaran seseorang dalam menjaga ucapan atau menjaga lidah, biasanya akan mengakibatkan sebuah kerusuhan. Jika hal itu dilakukan dalam lingkungan musyawarah maka sah saja, namun jika dilakukan tanpa musyawarah akan menimbulkan fitnah dan ghibah yang merusak tatanan hidup berbangsa.

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: “Rasululah SAW bersabda, “Di antara (tanda) kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat baginya.” (HR Tirmidzi).

Membiarkan lidah dari banyak berucap yang tidak membawa manfaat hanya akan membuang waktu, karena itu Islam memberikan tuntunan dalam menjaga ucapan agar terhindar dari ucapan buruk oranglain.

hal-hal yang mampu menjaga ucapan dan lisan menurut Muyihidin Mistu dalam kitab Al Wafi Fi Syarhil Arba’in An Nawawiyah, berusaha tidak membicarakan hal yang tidak diperbolehkan seperti ghibah,  naminah, menuduh, mencela orang lain.

Rasulullah SAW bersabda, ”Janganlah kalian banyak bicara, yang bukan dzikir kepada Allah. Karena banyak bicara, yang bukan dzikir kepada Allah, akan membuat hati keras. Dan manusia yang paling jauh dari Tuhannya adalah yang hatinya keras.” (HR Tirmidzi).

Berbicara ketika diperlukan, ini adalah sikap mulia yang jika ditinggalkan termasuk pelanggaran dan berdosa. Apalagi jika mengenai sebuah kejujuran.

Jika setiap individu mampu menjaga ucapan serta tidak menerapkan perkataan buruk, ejekan, hasutan, tidak akan ada perselisihan dan kerusuhan yang berlarut di tengan masyarakat. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *