Minggu , 26 Maret 2017
Home / Khazanah / Pentingnya Mengajarkan Makna Berkurban kepada Anak
pentingnya mengajari anak makna berkurban
Pentingnya mengajari anak makna berkurban (foto: huuwaida)

Pentingnya Mengajarkan Makna Berkurban kepada Anak

Edupost.id- Seluruh umat Islam saat ini tengah merayakan hari raya Idul Adha, begitupula ibadah berkurban tak ketinggalan dilaksanakan. Momen istimewa seperti ini selayaknya digunakan para orangtua untuk mengajarkan anak-anaknya tentang makna berkurban, seperti yang disampaikan Majelis Ulama Indonesia Pusat, A’srorun Ni’am Sholeh.

”Orangtua perlu mengenalkan makna berkurban yaitu sebagai sebuah amanah, tanggung jawab orang tua, pengorbanan terhadap anaknya, serupa dengan kisah teladan yang diberikan Nabi Ibrahim a.s kepada Ismail a.s,” ujarnya.

Menurut A’srorun, mengajarkan makna berkurban kepada anak bisa dengan bercerita, dan bermain. A’srorun mengingatkan bahwa jangan sampai anak menganggap berkurban sebagai kekerasan atau kejadian mengerikan. Orangtua perlu memahamkan proses penyembelihan hewan kurban kepada anak bahwa Allah SWT tidak akan mengambil nyawa seseorang dengan paksaan.

“Kurban bukanlah sesuatu yang harus dianggap sadistik atau mengerikan, tetapi justru akan mengajarkan anak bagaimana mengikhlaskan dan memberikan sebagian rezeki kepada sesama,” ungkapnya. Karena itu, orangtua jangan sampai salah menjelaskan sehingga anak menjadi salah paham dengan maksud berkurban.

A’ srorun juga menambahkan, mengajak anak bermain dan meminta pendapat anak juga bisa menjadi cara efektif untuk menambah pengetahuannya tentang nilai berkurban serta memaknai Idul Adha.  Anak akan dapat menyimpulkan sendiri saat melihat proses kurban atau penyembelihan dan bagaimana tanggung jawab orangtua terhadapnya.

Makna yang paling besar dari perayaan Idul Adha, lanjut A’srorun, ialah agar anak dapat belajar tawakal kepada Allah SWT, dan selalu mensyukuri setiap hal yang didapatnya. Hal penting lainnya, orangtua perlu memberikan beberapa contoh nyanyian dan gambaran yang cocok dengan usia dan kondisi anak saat menjelaskan. (Inan)

Check Also

sekolah di bogor berkurban

Sembelih Hewan Kurban di Sekolah Masih Jadi Tradisi

Edupost.id – Dalam momentum Idul Adha ini, beberapa sekolah di Bogor melakukan kegiatan penyembelihan hewan kurban di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *