Selasa , 25 Juli 2017
Home / Khazanah / Rahasia Hafal Al Qur’an dari Hafidz Termuda Dunia
dr-kamil-dan-dr-rasya-bersama-3-anak-tahfiz-termuda-di-dunia
Tiga Hafidz Al Quran termuda di dunia (foto: coachmohdnoor)

Rahasia Hafal Al Qur’an dari Hafidz Termuda Dunia

Edupost.id – ITS menggelar seminar tentang rahasia menghafal Al Quran dari hafidz termuda di dunia. Seminar tersebut menghadirkan tiga orang hafidz cilik dari Mesir yaitu Tabarak, Yazeed, dan Zeenah. Ketiganya telah hafal Al Quran saat berusia di bawah lima tahun.

“Setelah mereka menghafal Al Quran tidak lantas berhenti tapi kami mengajarkan pula untuk mengetahui sebab dan mushafnya,” ujar Dr Kamil Al Boudy, orang tua ketiga hafidz ini.

Saat disinggung untuk memberikan rahasia khusus agar dapat menjadi keluarga penghafal Al Quran, ayah ketiga anak ini memaparkan tidak ada rutinitas yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Menurutnya, kuncinya ada pada pembagian waktu.

“Anak-anak harus memiliki waktu untuk menghafal dan bermain. Ada satu hal yang selalu diberikan oleh istri saya setiap harinya, mereka selalu mengkonsumsi madu, susu, dan kurma hal tersebut yang dijadikan makanan pokok keluarga kami,” ujarnya.

Dalam proses menghafal, Dr Kamal menuturkan, kita harus mengetahui kapasitas anak dapat mengahafal berapa ayat dalam sekali baca. Bagi anak-anak, hafalan ditekankan pada nada yang mereka gunakan. Namun pada orang dewasa, hafalan ditekankan pada pemahaman makna ayat tersebut.

“Jika kita ingin menyampaikan sesuatu jangan menunggu menjadi hafidz, sampaikanlah walaupun satu ayat seperti pada hadist,” ucapnya.

Baca juga : Cara Menghafal Al Quran Semudah Al Fatihah

Sementara itu, Tri Mei Lisnawati, salah satu panitia menyampaikan bahwa ini merupakan acara yang luar biasa hingga dapat menghadirkan narasumber internasional dan diselenggarakan untuk umum.

“Harapannya setelah menghadiri seminar ini banyak yang tergugah untuk menjadi penghafal Al Quran. Karena sebaik-baiknya orang adalah yang mempelajari Al Quran seperti pada hadist,” imbuhnya. (ITS/ IK-SS)

Check Also

SMK-Informatika-Pesat-Beri-Umroh-Gratis-bagi-Hafidz-Quran

SMK Informatika Pesat Beri Umroh Gratis bagi Hafidz Quran

Edupost.id – SMK Informatika Pesat, Bogor memberikan umroh gratis bagi hafidz quran atau siswa yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *