Sabtu , 25 November 2017
Home / Khazanah / Sebelas Tradisi Lebaran Ciri Khas Indonesia
Sebelas-Tradis- Lebaran-Ciri-Khas-Indonesia
Ketupat dan Menu Masakan Pendamping Biasa Ditemukan saat Lebaran. (Foto: pinterest)

Sebelas Tradisi Lebaran Ciri Khas Indonesia

Edupost.id – Lebaran tinggal beberapa minggu lagi dan hampir semua umat Islam di Indonesia sedang menyambut hari raya. Terdapat sebelas tradisi lebaran yang merupakan ciri khas di Indonesia. Tradisi lebaran di Indonesia menjadi salah satu momen yang dinanti.

1. Mudik

Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Transportasi yang digunakan antara lain pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik.

2. THR

Tunjangan Hari Raya di Indonesia sendiri hal ini terkait erat dengan kebiasaan pemerintah dan perusahaan swasta untuk memberikan THR kepada para pegawainya. Arti lain dari THR yaitu uang yang didapat dari sanak saudara atau keluarga dekat ketika bersilaturahmi di hari lebaran.

3. Ketupat

Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda. Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

5. Halal bi halal

Halal bi halal bisa dimanfaatkan sebagai ajang komunikasi produktif antar berbagai komponen bangsa. Pada saat itulah komunikasi sehat bisa terbangun dengan baik. Pada gilirannya muncul keinginan untuk saling membantu dan saling membesarkan.

6. Takbir keliling dan menabuh bedug

Mengumandangkan takbir sambil menabuh bedug keliling desa merupakan ciri khas di Indonesia. Biasanya baik anak sampai dewasa mengikuti tradisi ini untuk memeriahkan datangnya Hari Raya Idul Fitri.75. Bedug adalah alat musik tabuh seperti gendang. Di Indonesia, sebuah bedug biasa dibunyikan untuk pemberitahuan mengenai waktu salat atau sembahyang serta saat malam takbiran menjelang Hari Raya Idul Fitri.

8. Saling mengirim makanan

Menjelang lebaran, biasanya setiap rumah sudah menyediakan berbagai menu untuk lebaran. Masyarak di Indonesia biasanya saling mengirimkan makanan kepada keluarga, saudara, tetangga untuk mempererat persaudaraan.

9. Baju baru

Menyabut datangnya Hari Raya Idul Fitri, biasanya masyarakat di Indonesia sudah memenuhi pusat berbelanjaan untuk membeli baju baru. Sebenarnya makna dari lebarna bukan untuk baju baru tetapi untuk hati yang baru dan sudah kembali suci.

10. Ziarah makam

Ziarah merupakan salah satu praktik sebagian besar umat beragama yang memiliki makna moral yang penting. Tujuannya adalah untuk mengingat kembali, meneguhkan iman atau menyucikan diri. Biasanya ziarah dilakukan di makan orangtua atau keluarga yang sudah meninggal menjelang lebaran.

 

11. Petasan

Petasan (juga dikenal sebagai mercon) adalah peledak berupa bubuk yang dikemas dalam beberapa lapis kertas. Mulai dari anak sampai dewasa biasa menyalakan petasan saat malam takbiran tiba. (Nisa)

Check Also

Resep Kue Kering Lebaran Favorit Keluarga

Edupost.id – Tak lama lagi umat Islam akan merayakan hari raya Idul Fitri atau lebaran. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *