Minggu , 23 April 2017
Home / Khazanah / Syarat Berwudhu yang Sah bagi Wanita
Berwudhu
Berwudhu (ilustrasi : si-dik)

Syarat Berwudhu yang Sah bagi Wanita

Edupost.id- Membersihkan bagian-bagian tubuh seperti yang diperintahkan oleh Alquran membuat Muslim suci sebelum menghadap Rabb-nya, yakni Berwudhu. Dalam menjalankan shalat, berwudhu merupakan salah satu syarat sah shalat. Secara khusus, Allah SWT berfirman mengenai tata cara wudhu bagi kaum akhwat atau perempuan.

Mengusap sebagian kepala adalah salah satu rukun wudhu. “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu telah akan mengerjakan shalat maka basuhlah wajah dan tangan kamu hingga siku dan sapulah kepala kamu dan kaki-kaki kamu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS al-Maidah 6).

Salah satu riwayat dari mazhab Hambali mengatakan, Muslimah tidak boleh sekadar mengusap atas kerudungnya tanpa mengusap atau membasahi rambut atau sebagian kepalanya secara langsung. Menurut ulama mazhab Maliki, jika kerudung di atas kepala itu tipis sehingga air menembus rambut saat si wanita ini mengusap bagian atas kerudungnya, wudhunya tetap sah. Namun, tidak sah jika tidak ada air yang menembus kerudung dan membasahi sebagian kepala yang berwudhu.

Namun bagi kaum perempuan berhijab yang mengusap jilbab atau kerudung sebagai ganti mengusap rambutnya. Ustazah Aryani  mengatakan, ada sedikit perbedaan pendapat dari para ulama tentang hal ini.  Mayoritas ulama fikih berpendapat bahwa mengusap kerudung saja tidak akan cukup memenuhi rukun wudhu jika tidak disertai basahnya sebagian rambut atau kulit kepala. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *