Kamis , 23 November 2017

Recent Posts

Recent Posts

Recent Posts

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat terjadi karena kelenjar minyak di kullit kita menjadi terlalu aktif, sehingga menyumbat pori-pori. Selain kelebihan minyak, sel kulit mati, toksin, dan kotoran juga bisa menghalangi pori-pori kulit, sehingga menyebabkan jerawat.

Dilansir dari BoldSky, berikut adalah 5 cara mudah yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengatasi jerawat.

1. Es Batu

Mengompres jerawat dengas es batu secara efektif dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat. Mengompres juga membantu membersihkan pori-pori dengan mengeluarkan sel kulit mati.

Cara mengompresnya, Anda cukup meletakkan kain bersih yang membungkus es batu ke daerah yang berjerawat. Perlahan tekan ke area yang berjerawat untuk beberapa menit, lalu cucilah wajah dengan air dingin. Ulangi cara ini setiap hari untuk mengatasi masalah kulit ini.

2. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat anti bakteri yang bisa mengatasi jerawat di wajah. Cara menggunakan baking soda untuk mengusir jerawat dilakukan dengan mencampur sedikit soda kue dengan setengah sendok teh air. Oleskan baking soda yang sudah berbentuk pasta pada area yang berjerawat. Diamkan selama 5 menit, lalu basuh wajah kita dengan air dingin.

3. Susu

Susu mentah memiliki sifat anti bakteri yang bisa menyelamatkan kulit kita, salah satunya mngatasi jerawat yang tak sedap dipandang dengan cara yang efektif. Oleskan susu dingin ke daerah yang berjerawat. Diamkan susu pada wajah selama 10 menit, lalu basuh dengan air dingin. Lakukan 3-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang nyata.

4. Garam Epsom

Garam ini memiliki khasiat anti inflamasi karena garam epsom adalah obat rumahan yang bagus dan dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Gabungkan sejumput garam epsom dengan 1 sendok teh air mawar.

Oleskan garam yang sudah berbentuk pasta ke seluruh area yang berjerawat. Diamkan selama 3-4 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin. Ulangi hal ini seminggu satu kali hingga hasilnya terlihat.

5. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau yang lebih dikenal dengan tea tree oil memiliki sifat anti bakteri dan dapat secara efektif menghancurkan bakteri yang membuat kulit menjadi berjerawat. Selain itu, tea tree oil juga membenahi penyumbatan pada pori-pori.

Cara pemakaiannya, campurkan 2 tetes tea tree oil dengan setengah sendok teh minyak kelapa. Oleskan ke daerah yang berjerawat, lalu diamkan selama 3-4 menit. Basuh wajah dengan air dingin dan ulangi seminggu satu kali hingga hasilnya terlihat.

UI Jadi Tuan Rumah GIS Day Pertama di Indonesia

Edupost.id – UKM Kelompok Studi Geografi (KSG) UI berkolaborasi dengan Esri Indonesia dan Badan Informasi Geospasial (BIG) menghelat event GIS Day 2017 pada 17-18 November mendatang. Acara ini sendiri merupakan rangkaian acara GIS Day Internasional yang baru pertama kali diadakan di Indonesia.

GIS adalah bidang teknologi yang menggabungkan fitur geografis dengan data tabel untuk memetakan, menganalisis, dan menilai masalah dunia nyata dengan menggunakan data spasial peta permukaan bumi.

Rangkaian kegiatan GIS Day 2017 adalah sebuah wadah bagi para profesional dan pihak yang tertarik pada teknologi geospasial untuk mendemonstrasikan aplikasi GIS (Geographic Information System) yang dapat memberikan perubahan dan dampak positif untuk masyarakat.

GIS Day merupakan acara tahunan internasional yang pertama kali diadakan tanggal 19 November 1999. Kegiatan GIS Day 2017 diselenggarakan dengan kemasan berbagai bentuk acara, yaitu: Talkshow, Student Competition, Amazing Race, Workshop, dan GIS Gallery and Exhibition.

Salah satu bentuk acara yang diadakan yakni technical workshop yang fokus pada pemahaman dan aplikasi penggunaan ArcGIS Platform.

ArcGIS adalah sebuah platform membawa bermacam elemen kompleks dari GIS. Secara umum ArcGIS memberikan lebih lengkap tools kepada GIS untuk dapat lebih mudah berinteraksi dengan spasial data.

164 Orang Terima Anugerah PAUD Nasional 2017

Edupost.id – Sebanyak 164 orang meraih penghargaan Anugerah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Nasional Tahun 2017. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, bertepatan dengan Hari Anak Internasional yang jatuh pada 20 November 2017.
 
Pemberian penghargaan Anugerah PAUD Tingkat Nasional tahun 2017 mengangkat tema “PAUD Berkualitas Universal Kunci Keberhasilan Masa Depan”. Penerima penghargaan ini dibagi menjadi tujuh kategori, yakni: Bupati/Walikota, Kepala Dinas Pendidikan, Camat dan Kepala Desa, (25 orang); Bunda PAUD Kabupaten/Kota/Camat/Desa (55 orang); Tokoh/Sosok Peduli PAUD (6 orang); Lembaga/Organisasi Mitra PAUD (10 orang); Pusat Kegiatan Gugus PAUD dan Gugus PAUD (8 orang); Pemenang Festival dan Kreativitas PAUD (15 orang); dan Pemenang Lomba E-Book PAUD, Edu Game PAUD, dan Lomba Cerita PAUD (45 orang).
 
Pemberian Anugerah PAUD Tingkat Nasonal Tahun 2017 diberikan secara simbolis oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo kepada delapan orang dari kategori yang berbeda. Dalam sambutannya, Ibu Negara mengatakan, anak usia dini merupakan calon penerus generasi bangsa. “Sehingga perlu diperhatikan secara total kebutuhan tumbuh kembangnya untuk menjadi sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia untuk anak Indonesia,” tuturnya dalam acara pemberian Anugerah PAUD Tingkat Nasional tahun 2017 di Kota Tangerang, Banten.
 
Para penerima penghargaan itu antara lain Erni Guntarto Tjahjo Kumolo, Ketua Umum OASE; Hj Sisilita Arsyadjuliandi, Bunda PAUD Provinisi RIAU; Deni Wardani, Gugus PAUD Ahmad Yani, Jakarta Timur; Rizki Ameron, pemenang Lomba Edu Game; dan Sri Mulyani, Pemenang Lomba Festival Kreativitas. 
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan, pendidikan anak usia dini telah mendapat perhatian dari pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah. Pemerintah pusat telah mengalokasikan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk PAUD sebesar Rp3,5 triliun pada tahun 2017. “Setiap anak mendapatkan Rp600.000,” ujarnya. Ia menuturkan, untuk tahun 2018, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah akan meningkatkan anggaran BOP PAUD menjadi Rp4 triliun.
 
“Kita berharap semua pemangku kepentingan mulai dari guru PAUD, lembaga pengelola PAUD, dan khususnya para kepala daerah, saya mohon untuk ikut meningkatkan kepeduliannya dalam rangka merawat dan mengembangkan putra-putri kita yang akan menjadi penerus masa depan bangsa ini,” ujar Muhadjir.
 
 

Ramuan Garam Laut Ini Ampuh Bersihkan Kulit Anda

Edupost.id – Garam laut adalah harta karun berharga untuk kulit Anda. Bahan perawatan kulit tradisional ini bisa mengobati berbagai kondisi dan membantu Anda mencapai kulit yang tampak tanpa cela.

Komponen terkenal ini sarat dengan antioksidan kuat dan agen pengelupas kulit yang bisa menghilangkan racun dan kotoran dari kulit Anda. Untuk memastikan kulit Anda tetap bebas dari kotoran, sebaiknya dilakukan dengan menggabungkannya dengan bahan alami lain yang juga memiliki khasiat pengelupasan kulit.

Dilansir dari laman Boldsky, Sabtu (18/11), berikut resep membuat ramuan garam untuk membersihkan kulit Anda.

1. Garam laut + Minyak Kelapa
Campur dua sendok makan garam dengan 3-4 sendok makan minyak kelapa. Masukkan scrub yang dihasilkan ke kulit Anda dan pijat selama 5-10 menit sebelum dicuci dengan air hangat.

2. Garam laut + bubuk kopi
Dalam mangkuk, masukkan tiga sendok makan garam, dua sendok teh bubuk kopi dan dua sendok makan air suling. Aduk dengan sendok untuk mencampur komponen. Gosokkan bahan ke kulit Anda dan gosok perlahan ke atas sebentar.

3. Garam laut + jus lemon
Gabungkan tiga sendok makan garam laut dengan empat sendok makan jus lemon. Basahi bahan pada kulit Anda dan gosok perlahan selama 5-10 menit sebelum membilasnya dengan air suhu kamar. Aplikasi semilir semak belukar buatan tubuh yang luar biasa ini dapat meringankan kulit kulit Anda dan mengatasi kusam.

4. Garam laut + Oatmeal dan minyak zazaitun
Ambil satu sendok makan oatmeal, campur dengan tiga sendok makan garam dan empat sendok makan minyak zaitun. Gosokkan ramuan ini dengan lembut pada kulit Anda selama sekitar 10-15 menit. Setelah itu, bilas kulit Anda dengan air hangat.

5. Garam laut + Gula Coklat dan Air Mawar
Buat scrub tubuh berikut dengan mencampur dua sendok makan garam, tiga sendok teh gula merah dan empat sendok makan air mawar. Setelah dicampur, gosok bahan yang sudah disiapkan ke seluruh kulit Anda sekitar 10 menit. Kemudian bilas kulit Anda dengan air normal.

6. Garam laut + Apple Cider Vinegar
Campurkan tiga sendok makan garam dengan satu sendok teh cuka sari apel dan satu sendok makan air suling. Gosokkan ramuan dengan lembut ke kulit Anda dan biarkan selama 10 menit sebelum akhirnya mandi dengan air hangat.

7. Garam laut + Aloe Vera Gel
Campurkan tiga sendok makan gel lidah buaya dengan empat sendok makan garam laut. Setelah siap, gosok perlahan selama lima menit sebelum mencuci itu dengan air hangat.

Olimpiade Fisika Nasional SMA Berhadiah Rp 17,5 Juta

Edupost.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya akan menggelar Engineering Physics Challenge (EPC) 2018. Olimpiade Fisika tingkat nasional untuk siswa/i SMA/Sederajat ini memperebutkan hadiah total senilai 17,5 Juta Rupiah.

Ajang yang mengusung tema “Challenge yourself to find and surpass your capability” ini dapat diikuti oleh peserta yang berbentuk tim dengan anggota dua orang siswa kelas X, XI, XII yang berasal dari sekolah yang sama. Peserta dalam satu tim boleh terdiri dari siswa dengan tingkat kelas yang berbeda.

Pendaftaran peserta dibuka hingga 25 Januari 2018 dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000 per tim. Seluruh peserta akan melewati babak penyisihan pada 28 Januari, serentak di 24 rayon. Tim yang lolos dari babak penyisihan akan masuk ke babak peremoat final dan semi final poada 3 Februari. Puncaknya, babak final akan digelar pada 4 Februari.

Para pemenang akan mendapat hadiah total 17,5 Juta Rupiah. Juara I mendapat hadiah uang tunai 7,5 juta rupiah, trophy bergilir Gubernur Jawa Timur, dan medali serta Golden ticket freepass Teknik Fisika FTI ITS. Juara II mendapat uang tunai 5 juta rupiah, trophy bergilir Walikota Surabaya, medali, dan Golden ticket free pass Teknik Fisika FTI ITS. Juara II mendapat uang tunai 3 juta rupiah, trophy bergilir Rektor ITS dan medali. Selain itu, juara harapan I dan harapan II akan mendapat uang tunai 1 juta rupiah dan medali.

Info Lomba lebih lanjut:
Contact Person: Dimas (085732288196), Utom (08985940998/ Line tiar4869), Daniyal (081335828570/ Line daniyaleff)
Facebook : Engineering Physics Week
Twitter : @9thEpw
Instagram : @epw2018
Line@ : @keet9005b

Recent Posts

Beasiswa S1 Ilmu Aktuaria untuk Pelajar SMA

Edupost.id – Surya University menawarkan beasiswa untuk pelajar SMA/SMK/sederajat yang akan lulus di tahun 2018/2019. Melalui program Beasiswa Risk Management, Economic, Sustainabillity and Actuarial Science Development in Indonesia (READI), kampus …

Read More »

Recent Posts