Minggu , 11 Desember 2016
Home / Metode Pembelajaran / 6 Cara Mengatasi Masalah Membaca Pada Siswa
Akademi Treenspira: Bentuk Pelajar Berkarakter, Unggul, dan Inspiratif
Akademi Treenspira: Bentuk Pelajar Berkarakter, Unggul, dan Inspiratif (foto: Treenspira)

6 Cara Mengatasi Masalah Membaca Pada Siswa

Edupost.id- Kecepatan belajar membaca antara anak yang satu dengan yang lain tidak sama. Selain usia, banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap perkembangan membaca. Sebagian besar anak mulai belajar membaca antara usia tiga hingga delapan tahun. Dan, sedikit dari mereka mengalami kesulitan dalam proses belaja, bahkan memerlukan waktu untuk belajar membaca selama dua hingga tiga tahun. Seperti yang terlansir dalam buku “1001 Pendekatan Multiple Intelligence” M.Hariwijaya.

Proses membaca berjalan dengan lancar apabila ada dukungan dari banyak orang. Orang-orang yang tidak bermasalah dalam kegiatan membaca ini cendurung akan menjadi pembaca yang penuh semangat untuk terus belajar. Bahkan, mungkin dalam waktu enam bulan mereka sudah tidak lagi memerlukan orang lain untuk mengajari membaca.

  1. Kenalkan buku sejak dini kepada anak

Kenalkan buku kepada anak sedini mungkin dan ajak anak bermain dengan buku. Ajak pula ia melihat-lihat gambar dalam buku, dan lain sebagainya. Ini akan membuat olah pikirnya mulai terbiasa dengan buku. Sehingga, ketika tiba saatnya belajar membaca, anda tidak perlu memaksa anak untuk menyukai buku.

  1. Buat si kecil merasa tertatik dan ingin pandai membaca

Ciptakan suasana yang yang membuat anak ingin dan butuh pandai membaca. Buai anak dengan kisah menarik yang juga memotivasi, seperti “Jika ingin tau, cobalah cari tau dengan membacanya.

  1. Ajak si kecil belajar membaca sambil bermain

Bermain adalah kegiatan yang sangat disukai oleh anak-anak. oleh karena itu, sangat baik jika berbagai aktivitas belajar dikemas dalam bentuk permainan. Selain menghindari rasa bosan, anak juga akan lebih banyak menyerap materi yang diberikan. Bermain juga dapat menghilangkan suasana formal yang sering dijumapinya disekolah.

  1. Beri anak anda kesempatan yang cukup untuk belajar menulis

Kegiatan menulis sangat baik untuk proses belajar mengenal huruf. Semakin banyak waktu untuk belajar menulis huruf, semakin banyak pula huruf yang dikenal anak Oleh karena itu, selain membaca, ajak juga anak untuk belajar menulis. Temani ia dan jangan lupa untuk selalu memberinya motivasi.

  1. Berkomunikasilah dengan guru sekolah anak

Bahaslah persoalan ini dengan guru sekolah, guru ialah orang yang tahu mengenai perkembangan anak disekolah. Jadi, jangan sungkan untuk membuat janji dengan guru sekolah anak anda dan berkonsultasi mengenai persoalan yang dihadapi anak.  Untuk persoalan membaca yang parah dan guru juga kurang mampu mengatasi, dapat berkonsultasi dengan pakar psikologi pendidikan.

  1. Membaca bersama

Mungkin anak mengalami kesulitan membaca bukan karena dia benar-benar tidak bisa, melainkan karena malas juga. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya anda mulai mengagendakan untuk menemaninya belajar membaca. Berikan ia buku yang menarik dan ajaklah untuk membaca bersama dengan orangtua.  (Puji)

Check Also

Membuat Mainan Ikan Terbang

Belajar Membuat Mainan Ikan Terbang

Edupost.id- Permainan ini mengombinasikan dua aktifitas sekaligus pada siswa. Langkah pertama siswa membuat desain ikannya, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *