Jumat , 20 Januari 2017
Home / Metode Pembelajaran / Belajar Bahasa Indonesia dengan Permainan Scrabble
Belajar-Bahasa-Indonesia-dengan-Permainan-Scrabble
Siswa sedang Bermain Scrabble Bahasa Indonesia. (Foto: ruangbelajar)

Belajar Bahasa Indonesia dengan Permainan Scrabble

Edupost.id – Scrabble Bahasa Indonesia merupakan sebuah metode kreatif modifikasi dari permainan Scrabble yang sering digunakan dalam pelajaran Bahasa Inggris. Materi yang digunakan dalam metode kreatif ini yaitu penulisan kata dalam Bahasa Indonesia. Seperti yang dijelaskan Lidya Widyastuti dalam buku Ruang Belajar, metode ini dapat digunakan untuk melatih kreativitas siswa di kelas.

Alat dan bahan :

1. Tutup botol air kemasan
2. Kertas warni- warni (asturo, marmer, kertas lipat) yang akan ditempel di atas tutup botol dan dipotong sesuai ukuran tutup botol.
3. Gunting atau pisau pemotong (cutter)
4. Double tape
5. Spidol untuk membuat huruf a – z

Cara membuat :

Pertama, guru menyiapkan alat dan bahan serta mengajak siswa untuk mengumpulkan tutup botol sebanyak-banyaknya. Tutup yang digunakan diperbolehkan jika berbeda ukuran. Selanjutnya, guru mengajak peserta didik untuk mencuci terlebih dahulu tutup botol yang telah dikumpulkan. Kemudian guru mengajak siswa untuk mengeringkan tutup botol yang ada.

Kedua, guru mengajak siswa untuk menempelkan daouble tape dua sisi di setiap tutup botol yang sudah kering. Kemudian, guru mengajak siswa untuk menggunting dan merapikan kertas yang telah ditempel di atas tutup botol. Selanjutnya, guru mengajak siswa untuk menulis huruf a-z lebih dari tiga kali a- z. Setelah semua persiapan selesai, guru mengajak siswa bermain scrabble Bahasa Indonesia.

Dengan menggunakan scrabble Bahasa Indonesia, para siswa diajak untuk menambah kosakata baru dan menuliskan kata dalam Bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat. Selain itu, dalam penggunaan metode kreatif ini dapat melatih peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok dan menerangkan kata atau kalimat yang dimaksud.

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *