Jumat , 26 Mei 2017
Home / Metode Pembelajaran / Belajar Bahasa Inggris Jadi Mudah dengan “Jam Manusia”
belajar-bahasa-inggris-dengan-cepat
bIlustrasi. Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Jadi Mudah dengan “Jam Manusia”

Edupost.id – Mengenal tanda waktu atau jam dalam Bahasa Inggris masih dianggap sulit bagi siswa.  Seperti yang diajarkan Lu’lu’in Nanda Alfira Devi dalam buku “Ruang Belajar”, ia mengajarkan pelajaran Bahasa Inggris ke siswanya melalui permainan jam manusia. Namun, belajar Bahasa Inggris lebih mudah dengan bermain Jam Manusia.

Metode permainan Jam Manusia diujicoba agar siswa dapat menghafalkan angka dan waktu dalam Bahasa Inggris. Jam Manusia yang diujicoba pada siswa menunjukkan arah ke angka tertentu yang sudah tertulis di papan tulis. Angka dan jam yang dimaksud dalam tulisan ini yaitu yang ditunjukkan siswa dengan tangan kanan dan kirinya.

Seperti Good morning (Selamat pagi), Good day (Selamat siang), Good afternoon (Selamat sore), What time is it? (Pukul berapakah sekarang?), Its is five p.m atau  It is fove o’clock in the afternoon (Sekarang tepat pukul lima sore).

Guru berperan sebagai turis asing yang bertanya tentang waktu setempat kepada penduduk. Siswa memerankan sebagai penduduk setempat. Sebelum memulai permainan, guru menjelaskan pengucapan waktu dengan menggunakan Bahasa Inggris. Selanjutnya pengucapan diikuti para siswa.

Kemudian, guru menggambar sebuah jam besar di papan tulis. Setelah itu guru berdiri tepat di tengah jam dengan tangan kanan sebagai jarum panjang dan tangan kiri sebagai jarum pendek. Barulah guru memerankan beberapa waktu dengan jam manusia tersebut dan guru menabak dalam Bahasa Inggris.

Sesi selanjutnya dilakukan para siswa di depan kelas. Siswa bergantian memerankan Jam Manusia. Siswa yang sudah mendapatkan giliran menjadi Jam Manusia berhak memberikan soal kepada giliran selanjutnya.

Metode permainan ini membantu siswa mempelajari percakapan sederhana yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bermain Jam Manusia, belajar Bahasa Inggris lebih menyenangkan bagi siswa. Mereka menjadi lebih berani mencoba berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *