Jumat , 22 September 2017
Home / Metode Pembelajaran / Belajar Bahasa Inggris melalui Permainan Berburu Harta Karun
Belajar-Bahasa-Inggris-melalui-Permainan-Berburu-Harta-Karun
Siswa sedang Menulis Kosakata Bahasa Inggris di Kertas. (Foto: holyfamilygreenbay)

Belajar Bahasa Inggris melalui Permainan Berburu Harta Karun

Edupost.id – Mempelajari kosakata baru dalam Bahasa Inggris bukanlah hal mudah. Namun, menurut Savira Mega Putri dalam buku “Ruang Belajar”, ada cara mudah belajar kosakata Bahasa Inggris yakni melalui permainan berburu harta karun. Berikut langkah yang harus disiapkan.

Pertama, tuliskan 10-15 kosakata “things in classroom”, masing-masing di sebuah kertas manila seukuran kartu. Contoh katanya yaitu table, chair, ruler, window, wall, door, clock, dan lainnya. Kemudian tempelkan kartu-kartu bertuliskan kosakata tersebut pada benda di dalam kelas sesuai dengan artinya. Agar mainan lebih menyenangkan, tempelkan beberapa kata di tempat yang agak sulit dilihat. Seperti “table” ditempelkan di bawah meja.

Ketiga, mintalah siswa untuk berbaris di luar kelas dengan membawa buku dan pensil. Mintalah siswa meletakkan tasnya di luar kelas. Selanjutnya bangkitkan motivasi siswa dengan memancing rasa imgin tahu dengan pertanyaan pembuka. Seperti “Siapa yang ingin berburu harta karun?” atau “Siapa yang ingin kaya raya?”.

Kelima, jelaskan aturan bermainnya. Permainan dapat dlakukan secara individu atau berkelompok. Setiap siswa hanya dapat membawa buku dan pensil. Semua siswa wajib menemukan 14 kata yang ditempel di dalam kelas dan menuliskan kata tersebut beserta artinya. Pemenangnya yaitu yang kali pertama berhasil menemukan semua kata.

Setelah permainan usai, periksalah kata yang ditemukan siswa secara bersama-sama. Pastikan bahwa tiap kata ditulis lengkap dengan artinya dalam Bahasa Indonesia. Langkah berikutnya dapat berupa mengajarkan cara melafalkan kata yang dipakai dalam permainan tersebut. Untuk menguatkan ingatan, anda dapat menyakanan ulang setiap kata satu persatu dengan pertanyaan “What is this?” dengan menunjuk benda yang dimaksud. (Nisa)

 

Check Also

Cara Menggambar Peta bagi Siswa Sekolah Dasar

Cara Mudah Ajari Siswa SD Menggambar Peta

Edupost.id – Peta merupakan gambaran permukaan bumi pada bidang datar tertentu, melalui suatu sistem proyeksi. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *