Selasa , 21 November 2017
Home / Metode Pembelajaran / Belajar Jam, Menit dan Detik melalui Permainan Pohon Waktu
Belajar Jam, menit, detik dengan pohon waktu
Belajar Jam, menit, detik dengan pohon waktu

Belajar Jam, Menit dan Detik melalui Permainan Pohon Waktu

Edupost.id – Orangtua atau guru kadang kesulitan mengajarkan anak agar bisa membaca jam. Padahal paham tentang waktu termasuk kemampuan yang harus dimiliki anak. Berikut ini permainan yang bisa diterapkan untuk melatih anak agar bisa membaca jam, menit dan detik seperti yang Edupost sarikan dari buku “Ruang Belajar.”

Baca juga: Cara Mengajarkan Anak Membaca Jam

Alat dan bahan:

  • Satu buah jam dinding berbentuk lingkaran
  • Kertas manila
  • Kertas karton
  • Spidol
  • Isolasi kertas
  • Gunting

Langkah pelaksanaan:

1. Siapkan alat dan bahan

2. Gunting kertas manila berbentuk kelopak bunga berjumlah 12 kertas. Kemudian tuliskan pada kertas angka kelipatan 5 sampai kertas ke-11. Pada kertas yang ke-12, tuliskan angka 00. Angka-angka tersebut mempresentasikan menit ke-berapa pada jarum panjang yang ada pada jam. Potongan kertas ini dinamakan Bunga Menit.

3. Gunting kertas karton berbentuk batang pohon dengan panjang secukupnya. Setelah itu, buatlah bentuk daun sebanyak dua lembar. Satu daun berukuran lebih panjang unutk mempresentasikan jarum panjang pada jam, yang berarti ukuran satuan untuk menit. Sementara daun satunya dibuat lebih pendek untuk mempresentasikan jarum pendek pada jam yang berarti ukuran satuan untuk jam. Tuliskan kata “MENIT” pada daun yang lebih panjang, dan tuliskan “JAM” pada daun yang lebih pendek.

4. Setelah semua bahan selesai dibuat, tempelkan potongan Bunga Menit di seputar jam dinding. Kelopak Bunga Menit yang bertulisan angka 05 diletakkan di sisi angka 1 pada jam, angka 10 diletakkan di sisi angka 2, dan seterusnya. Setiap kelopak merepresentasikan jumlah satuan menit pada jam.

5. Setelah selesai merangkai Bunga Menit, letakkan batang dan daun-daun di bawah jam sehingga berbentuk seperti sebuah pohon.

(Vini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *