Senin , 5 Desember 2016
Home / Metode Pembelajaran / Belajar Membuat Kalender Istimewa di Kelas
Membuat Kalender Istimewa
Membuat Kalender Istimewa (foto: plantingpeas.com)

Belajar Membuat Kalender Istimewa di Kelas

Edupost.id- Mengajak siswa membuat kalender kelas adalah hal yang sangat menyenangkan, begitupun dapat membuat siswa menjadi lebih kreatif dan mempunyai inovatif tinggi. Kalender merupakan alat untuk mengetahui tanggal dan mengingatkan tentang suatu peristiwa kemarin dan hari setelahnya, cukup mudah jika ingin berkreasi membuat kalender dalam kelas. Seperti yang disampaikan oleh Erlangga dalam buku “Aktivitas Pintar Pengisi Waktu”.

Bahan:

  1. Kertas karton tebal
  2. Gunting
  3. Spidol warna-warni
  4. Penggaris
  5. Paper fastener

Cara membuatnya:

  1. Potong lima lingkaran besar dari karton tebal dan tandai bagian tengah masing-masing lingkaran.
  1. Bagi lingkaran pertama menjadi lima kolom. Tuliskan senin sampai jumat pada masing-masing kolom. Jika ingin membuat hari senin sampai minggu, buatlah tujuh kolom.
  1. Bagi lingkaran kedua menjadi 31 kolom dan tuliskan angka 1 sampai 31 pada tiap kolom (ini adalah hari dalam 1 bulan).
  1. Tandai 12 kolom pada lingkaran ketiga dan tuliskan nama bulan pada masing-masing segmen.
  1. Lingkaran keempat adalah indikator cuaca. Buatlah segmen untuk cerah, hujan, angin, kabut, pelangi atau pun yang sesuai dengan iklim lokal anda. Tuliskan atau gambarkan setiap kondisi cuaca.
  1. Tuliskan nama tiap siswa pada lingkaran kelima (buatlah beberapa kolom tambahan agar setiap nama termuat di dalamnya). Lingkaran ini akan menunjukan giliran siswa mengubah pengaturan kalender setiap harinya. Dengan cara ini, anak dapat melihat dengan jelas berapa lama mereka harus menunggu sampai giliran mereka tiba.
  1. Buatlah tanda panah bagi masing-masing lingkaran. Gambar tanda-tanda itu di atas selembar karton tebal, potong, dan gunakan paper festener untuk meletakkan tiap tanda panah dibagian tengah lingkaran. Tanda panah harus bisa diputar dan menunjuk ke arah mana pun secara bebas.
  1. Untuk membantu transisi anak saat mereka tiba dikelas, anak yang namanya diindikasikan oleh lingkaran kelima (yang membuat nama anak) menggerakan tanda panah pada setiap lingkaran untuk menunjukan hari, tanggal, bulan, dan cuaca yang tepat. (Puji)

Check Also

Tujuh Jenis Permainan Tradisional Bagi Anak

Tujuh Jenis Permainan Tradisional bagi Anak

Edupost.id- Permainan merupakan sebuah dunia bagi anak-anak, hampir seluruh daerah memiliki permainan yang beragam. Beragam …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *