Sabtu , 25 November 2017
Home / Metode Pembelajaran / Belajar Mengenal Bilangan dengan Permainan Gundu Tuyul
Belajar-Mengenal-Bilangan-dengan-Permainan-Gundu-Tuyul
Siswa Bermain Gundu Tuyul. (Foto: ruangbelajar)

Belajar Mengenal Bilangan dengan Permainan Gundu Tuyul

Edupost.id – Belajar mengenal bilangan dapat menjadi menyenangkan jika dengan permainan gundu tuyul. Seperti yang dijelaskan Doni Hardiyanto dalam buku Ruang Belajar, metode ini dapat digunakan untuk melatih kreativitas siswa di kelas.

Alat dan bahan :

1. Jika dilakukan di luar kelas

Lapangan ukuran 10 m x 10 m (minimal). Diutamakan lapangan tanah.

Kayu

Gundu (batu, potongan sandal, penghapus)

Buku

Uang mainan

2. Jika dimainkan di dalam kelas

Kapur berwarna

Gundu (batu, potongan sandal, penghapus)

Buku

Uang mainan

Cara bermain :

Pertama, guru menjelaskan materi mengenai pengenalan konsep bilangan dan menekankan jumlah angka pada nilai yang tertera, kemudian pendidik membimbing siswa agar menyebutkan setiap angka secara benar sesuai tempatnya satuan, puluhan, ribuan, puluh ribuan sampai jutaan.

Kedua, guru meminta peserta didik membuat kotak besar berjumlah 6 atau 8 kotak, disesuaikan dengan luas ruangan atau lapangan sepertigambar di bawah ini (kotak bisa divariasikan). Berikan kesempatan siswa berkreasi mengambar bentuk tuyul pada kotak tuyul. Setelah selesai, pendidik menuliskan nominal angka pada kotak harta karun (nominal angka bisa divariasikan)

Ketiga, guru membagi siswa menjadi duaperan yaitu Tuyul, mengumpulkan uang jika ada gundu pemain yang masuk ke kotak dan menyebutkan jika semua pemain selesai bermain satu putaran. Pelempar Gundu, siswa yang akan melemparkan gundu untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Siswa sebagai pelempar gundu meletakan gundu yang sudah dicarinya untuk dilempar menggunakan satu kaki sampai ke kotak lemparan untuk mengenai kotak harta karun.

Keempat, siswa melakukan hom pimpa untuk menentukan giliran bermain. Gundu siswa yang masuk ke kotak harta karun akan mendapatkan uang sebesar nominal yang tertera pada kotak, jika masuk ke kotak tuyul juga membayar sebesar nominal yang ada di kotak tuyul. Intruksikan siswa untuk menyebutkan nominal yang di dapatkan dan menulisnya ke dalam tulisan. Bila sudah berjalan dengan baik, guru bisa mengawasi jalanya permainan sembari melihat kondisi catatan keuangan siswa.

Pendidikan karakter yang bisa disisipkan dalam metode permainan ini adalah kejujuran saat siswa menuliskan angka yang didapatkanya ke dalam buku catatannya, budaya disiplin untuk belajar menunggu giliran bermain dan bertanggung jawab akan konsekuensi ketika gundu berhenti di kotak tuyul. Mengenali angka haruslah bersifat konstruktif dan kontekstual kepada peserta didik. Pembelajaran mengenalkan angka dengan cara yang menyenangkan akan membantu pemahaman siswa dalam menerimanya.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *