Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Metode Pembelajaran / Belajar Seni Jadi Menyenangkan dengan Lukisan Pasir
belajar-seni-dengan-lukisan-pasir
Belajar seni jadi menyenangkan dengan lukisan pasir (foto: Indonesia mengajar)

Belajar Seni Jadi Menyenangkan dengan Lukisan Pasir

Edupost.id – Ada banyak cara kreatif dalam menyampaikan pelajaran agar terasa menyenangkan. Seperti yang diajarkan Asmiati dalam buku “Ruang Belajar”, ia mengajarkan pelajaran seni ke siswanya melalui lukisan pasir. Berikut ini cara menerapkannya.

Alat yang digunakan yaitu kertas ukuran A4 atau A5 berwarna. Media lukisan juga dapat menggunakan lantai. Bahan yang disiapkan berupa pasir halus. Pasir halus dapat diambil di lapangan sekitar lokasi sekolah.

Pertama, guru memberi instruksi kepada siswa untuk mengumpulkan dan mengambil pasir di lapangan. Selanjutnya siswa menggelar atau meratakan pasir di atas kertas atau lantai yang sudah dirapihkan.

Ketiga, guru memberikan kebebasan siswa untuk menuangkan imajinasinya. Mengenalkan pada siswa bahwa banyak hal di sekitar yang dapat dimanfaatkan merupakan tujuan dari pebelajaran ini.

Melukis merupakan proses menuangkan ide, gagasan, dan perasaan dalam media dua dimensi. Media yang digunakan dapat berbentuk kanvas, kertas, papan, dan film dalam dunia fotografi. Alat yang dapat digunakan beragam dengan syarat memberikan bentuk tertentu kepada media yang digunakan. (Nisa)

 

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *