Selasa , 24 Januari 2017
Home / Metode Pembelajaran / Cara Mendisiplinkan Siswa tanpa Kekerasan
mendisiplinkan siswa tanpa kekerasan
Ilustrasi: Guru Memarahi Siswa. (Foto: amazonaws)

Cara Mendisiplinkan Siswa tanpa Kekerasan

Edupost.id – Beberapa guru menganggap bahwa memberi hukuman fisik ke siswa termasuk efektif dalam mengatur kelas. Namun seperti dilansir UNICEF, ada tips bagi guru untuk mendisiplinkan siswa tanpa kekerasan. Dengan begitu kasus guru dipidana orangtua siswa seperti yang terjadi belakangan ini tidak akan terulang kembali.

Guru perlu menerapkan tindakan disiplin non-fisik sebagai alternatif. Contohnya, guru dapat meminta siswa untuk menulis sebuah pernyataan yang menggambarkan efek negatif dari perilaku mereka, atau meminta maaf atas kesalahannya di depan teman sekelas.  Bisa juga anak nakal dapat ditempatkan di kursi paling belakang sebagai hukumannya.

Selain itu, guru dapat meminta siswa untuk melakukan pekerjaan akademik tambahan. Kemudian juga orangtua siswa perlu hadir ke sekolah untuk berdiskusi dengan anda tentang perilaku mereka. Hukuman lainnya yaitu membantu menyirami tanaman di kebun sekolah atau menyapu kelas.

Siswa akan belajar menghormati dari orang di sekitarnya. Sebuah studi di Amerika membuktikan bahwa siswa yang sering mendapatkan perlakuan paksa di sekolah, lebih banyak terlibat tindak kejahatan di luar sekolah. Guru dan orangtua perlu belajar untuk mengkomunikasikan perasaan mereka kepada siswa dan anaknya.

Tindakan disiplin akan lebih efektif jika sekolah sudah menetapkan peraturannya sehingga jika ada yang melanggar, hukuman menjadi hal yang biasa. Sebaiknya ketika membuat aturan di dalam kelas, ajaklah siswa untuk bersama menentukan hukuman apa yang tepat dan tidak terlalu memberatkannya. (Nisa)

 

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *