Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Metode Pembelajaran / Cara Mudah Kenalkan Satuan Waktu ke Siswa
Cara Mudah Kenalkan Satuan Waktu ke Siswa
Cara Mudah Kenalkan Satuan Waktu ke Siswa (glow blog)

Cara Mudah Kenalkan Satuan Waktu ke Siswa

Edupost.id – Waktu adalah komponen yang sulit dipahami sebagian siswa. Mereka tidak dapat melihatnya maupun merasakannya. Berikut ini enam cara mudah mengenalkan satuan waktu ke siswa seperti yang disampaikan dalam buku Indonesia Mengajar.

1.Berbicara mengenai Waktu

Banyak anak kecil samar-samar mengenai saat kini pada siang atau malam hari. Bahkan lebih samar lagi mengenai hari dalam pekan. Mereka menyadari bahwa pada hari yang lain terjadi peristiwa yang lain, namun mereka tidak pasti mengenai urutannya.

  1. Mulai menggunakan Jam

Ketika anak mulai menunjukkan perhatian pada jam dan jam tangan, ajakalah ia melihat berbagai tipe. Ceeritalah mengenai apa yang dilakukan berbagai bagian itu dan tunjukkan bahwa jam digital dan jam analog bisa mempunyai tugas yang sama yang dilakukan dengan cara yang berlainan. Perhatikan jarum menit berputar pada jam analog dan angka-angka berubah pada jam digital.

  1. Berapa Lama Semenit Itu?

Untuk membuat anak merasakan waktu dan bagaimana waktu itu diukur, buatlah permainan untuk melihat apakah yang dapat ia kerjakan dalam satu menit sementara anda memperhatikan jarum detik berputar selingkaran penuh pada arloji atau perlahan hitung sampai 60. Biar ia mengukur waktu anda juga.

  1. Jam Mainan

Jam mainan dengan jarum-jarum yang dapat digerakkan berguna, pertama untuk bermain pura-pura, dan kemudian untuk belajar menyatakan waktu juga sambil lalu. Anda mungkin bisa memberikan jam beneran yang tua kepada anak anda untuk dijadikan mainan. Atau anda dapat membantunya membuat sebuah jam mainan dari piring kertas, dengan menyalin sebuah jam sungguhan.

  1. Membuat Jadwal

Anak-anak lebih besar dapat dipacu untuk menyatakan waktu dengan melihat jadwal tanyangan televisi untuk mengetahui acara favoritnya dimulai, menghitung beberapa lama acara itu berlangsung dan memeriksa acara itu tidak tumpang-tindih dengan acara yang ingin ditonton orang lain.

  1. Bulan dan Musim

Bulan dan musim lebih sukar lagi bagi  anak-anak untuk mengikuti, karena bulan dan musim berubah sangat perlahan.

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *