Selasa , 23 Mei 2017
Home / Metode Pembelajaran / Empat Cara Bantu Proses Belajar di Kelas dengan Musik
Empat-Cara-Bantu-Proses-Belajar-di-Kelas-dengan-Musik
Siswa sedang Bermain Musik di Kelas. (Foto: pinellassummercamp)

Empat Cara Bantu Proses Belajar di Kelas dengan Musik

Edupost.id – Mengenalkan dan memasukkan musik ke dalam kurikulum di kelas dapat meningkatkan kecerdasan siswa. Seperti yang ditulis Adi W. Gunawan dalam buku Genius Learning Strategi, ada empat cara membantu proses pembelajaran di kelas dengan musik.

Berikut cara membantu proses pembelajarag dengan musik :

1. Musik sebagai pembuka

Musik yang tepat jika digunakan pada waktu yang sesuai akan sangat membantu mempengaruhi suasana dan atmosfir belajar. Contoh musiknya seperti Sonata fot Two Pianos in D (Wolfgang Amandeus Mozart), Paganini for Two milik Nicolo Paganini (dibawakan Shaham and Sollscher), dan The Universal (The Great Escape) milik Blur.

Baca Juga : Enam Cara Latih Kecerdasan Musik di Kelas

2. Musik sebagai pembatas

Sebagai guru anda dapat menggunakan musik untuk menetapkan waktu bagi siswa. Seperti memberikan tugas dan berkata kepada mereka “Kalian hanya punya waktu sepanjang musik ini. Sambil berpasangan dengan teman kalian, coba pikirkan sebanyak mungkin hal yang berhubungan dengan materi yang kita pelajari minggu lalu. Musik ini panjangnya tiga menit. Begitu musik ini selesai, kalian harus menyelesaikan tugas yang diberikan.” Musik yang bisa digunakan yaitu Flight of The Bumble Bee dari Nicholas Rimsky-Korsakof.

3. Musik untuk memperbaiki dan meningkatkan suasana

Musik dapat digunakan untuk membuat perubahan suasana di kelas. Misalnya, musik dimainkan pada saat kelasa merayakan suatu keberhasilan, maka yang terjadi adalah perasaan, emosi, sukses, keegembiraan, suasana, dan atmosfir positif yang saat itu sedang berlangsung di kelas didasarkan pada musik. Musik yang bisa digunakan yaitu Tubthumping dari Chumbawamba.

4. Musik untuk membangkitkan semangat dan energi

Saat anda melihat suasana kelas yang agak menurun, siswa sudah mulai terlihat mengatuk, bosan atau letih, mainkan musik dengan tempo yang tinggi dengan melakukan gerakan badan atau brain gym. Lakukan satu sampai dua menit. Ajaklah murid untuk bergerak bersama dengan semangat dan antusias. Musik yang bisa digunakan yaitu Walking in The Sun dari Usura atau Datura.

Sebuah penelitian yang dilakukan Frances Rauscher di Center for the Neurobiology of Learning and Memory, Universitas California, mendengarkan musik Mozart berjudul Mozart’s Sonata fot Two Pianos in D Major selama sepuluh menit dapat meningkatkan hasil tes pada bidang spasial dan absract reasoning. (Nisa)

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *