Selasa , 21 November 2017
Home / Metode Pembelajaran / Empat Manfaat Dominan Sistem Belajar Moving Class
Akademi Treenspira: Bentuk Pelajar Berkarakter, Unggul, dan Inspiratif
Akademi Treenspira: Bentuk Pelajar Berkarakter, Unggul, dan Inspiratif (foto: Treenspira)

Empat Manfaat Dominan Sistem Belajar Moving Class

Edupost.id- Moving Class merupakan sistem belajar bercirikan siswa yang mendatangi guru di kelas bukan sebaliknya, sistem moving class menuntut anak agar lebih kreatif dalam belajar. Dipadu dengan kelas terbuka atau open class, siswa akan lebih bergairah karena suasana belajar sesuai dengan materi belajarnya.

Model moving class siswa dapat melakukan proses pembelajaran secara integral atau menyeluruh mencakup semua kemampuan  (religiusitas, kematangan emosional, kecerdasan intelektual dan ketrampilan hidup). Dilansir dari wikihow, manfaat dari sistem belajar dengan moving class.

  1. Sistem Pembelajaran Favorit

Upaya menciptakan sistem pembelajaran baru dalam pembelajaran di antaranya pengajaran dapat terlaksana dengan jumlah siswa yang banyak di bawah bimbingan guru. Prinsip individualitas dalam pengajaran dapat diterapkan melalui tugas kelompok maupun perorang.  Siswa akan lebih aktif dan mandiri, sehingga nyaman untuk belajar.

  1. Terjalin Kerjasama antar Siswa

Sewaktu pergantian mata pelajaran, siswa harus berpindah dalam kelas yang berbeda sehingga akan timbul saling membantu. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun terkadang kurang efisien. Dengan adanya pembelajaran tematik melalui moving class, diharapkan siswa belajar berinteraksi dengan yang lain, sehingga kerjasama akan saling bersinergi.

  1. Memotivasi Belajar Siswa

Secara psikologis dengan metode belajar secara moving class, siswa akan memperoleh suasana baru sehingga dapat mengurangi kebosanan di dalam kelas. Beberapa siswa mengembangkan perasaan akrabnya terhadap teman kelas lainnya.

Siswa diberi tugas pekerjaan dengan sedikit instruksi sebelumnya dan tahap mempelajari, Siswa diberi kesempatan untuk  meninggalkan ruangan kelas dan mencari latihan dari pekerja-pekerja yang dapat bertindak sebagai sumber bagi mereka yang dapat memotivasi belajar siswa dengan suasana yang baru.  Maka akan tercipta pembelajaran yang menyenangkan.

  1. Materi lebih Terangkum

Keterkaitan guru terhadap program pembelajaran, menjadikan guru terikat terhadap tujuan yang dirumuskan dalam program pembelajaran. Dengan kesiapan guru dalam penyampaian materi, proses belajar akan semakin lancar dan tidak terkendala. (Inan)

Check Also

Metode-Active-Learning-Ini-Cara-Mengenalinya

Delapan Fakta Menarik Saat Anak Belajar

Edupost.id- Keseringan mengajak anak belajar, membuat para orangtua kewalahan. Bagi seorang anak belajar merupakan kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *