Senin , 5 Desember 2016
Home / Metode Pembelajaran / Enam Kiat Buat Siswa Suka Belajar Sains
Enam Kiat Buat Siswa Suka Belajar Sains
Enam Kiat Buat Siswa Suka Belajar Sains (foto: Sainsday)

Enam Kiat Buat Siswa Suka Belajar Sains

Edupost.id- Banyak yang menganggap belajar sains identik dengan hapalan mati, rumus, dan hitungan yang ribet. Sains kerapkali hanya dipandang sebagai mata pelajaran yang kurang menarik dan sulit dipahami, berikut enam kiat menerapkan sains pada siswa. Dilansir dalam Sainsday.com

  1. Yakinkan Sains tidaklah sulit

Siswa harus memahami sains itu menarik, bermain dengan aneka warna, magnet, mainan yang dapat terbang dan bisa bergerak, terapkan bahwa benda-benda tersebut adalah materi sains yang asik.

  1. Ajukan pertanyaan yang mudah

Untuk men stimulasi rasa ingin tahunya. Misalnya, saat hujan, tanyakan kenapa air bisa turun dari langit. Dapat membantu anak, merespon apa yang kita jelaskan.

  1. Jangan Hentikan rasa ingin tau siswa

Terkadang, antara guru dan murid akan terbatas saat guru mengajar. Namun saat di jam selesai sekolah, luangkan waktu sejenak untuk bercapan dengan siswa tentang pengetahuan dan soal sains dapat membantu siswa cepat tanggap.

  1. Ingatkan siswa tentang pengalamannya diluar sekolah

Lewat pengalaman, tidak dapat langsung atau memandang nyata suatu benda bekerja dalam rumus sains. Biaran siswa memilih aktivitas yang menjadi minat dan selipkan ilmu sains.

  1. Sediakan waktu siswa bereksperimen

Gunakan benda yang ada disekitar, seperti gelas plastik, pewarna makanan, maupun jenis makanan yang mengandung ilmu sains.

  1. Biarkan kesalahan siswa dibuat pendapat

Dr. Tyson berpendapat, “orangtua harus tahu apakah siswa membahayakan dirinya atau hanya melakukan sebuaheksperiman. Kalau tidak berbahaya, biarkan saja melakukan salah. Meski beresiko merusak suatu benda, mamun hal inijauh lebih efisien mengajari siswa tentang sains. (Puji)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *