Senin , 5 Desember 2016
Home / Metode Pembelajaran / Keterkaitan seni dan Potensi anak
belajar-seni-dengan-lukisan-pasir
Belajar seni jadi menyenangkan dengan lukisan pasir (foto: Indonesia mengajar)

Keterkaitan seni dan Potensi anak

Edupost.id- Untuk pegembangan kreativitas anak, yang diperlukan ialah waktu untuk mengamati dan menggambarkan suatu objek disekitarnya. Memberikan ulasan dan penjelasan pada siswa, sebelum memintanya membuat objek gambar sendiri. Jangan lupa memuji karya yang mereka buat, sedikit pujian yang sederhana dapat membantu proses perkembangan potensi otak.

Menurut Yudi Suharso, seorang pemerhati pelajar Sekolah Dasar SD dari Yogjakarta. Sebuah seni sangat berpengaruh pada potensi dan keahlian anak,”Lukisan atau gambar yang merupakan jenis seni, dapat berkaitan dengan potensi dan kreativitas anak yang timbul tidak diduga,” ujar Yudi pada Edupost.id.

Sebuah kalimat pujian pada nilai anak atau pelajar, haruslah yang dapat membangun dan memotivasi. “Potensi anak tidak bisa dipaksakan hadir, namun hanya bisa dikembangkan. Seperti ungkapan, saya menghargai serta bangga. Merupakan ungkapan yang dapat menjadi panutan bagi anak, apalagi seorang siswa dari tingkat sekolah dasar,” ungkap Yudi.

Menerapkan sebuah seni dalam lingkungan siswa sekolah dasar, akan lebih mudah dibandingkan dengan memberikan penerapan kepada pelajar tingkat atas atau mahasiswa. Sebagai contohnya membuat sebuah lukisan dengan cat air dan kuas diatas kanvas, seorang pelajar tingkat Sekolah Dasar SD akan cepat memilih warna yang akan ditentukan mengikuti nalurinya sendiri.

Beberapa kemungkinan karena daya khayal seorang anak atau pelajar Sekolah Dasar SD lebih banyak dibandingkan saat usianya bertambah dewasa. Menggunakan krteria berlajar menggambar wajah, dapat membantu mengevaluasi pekerjaan dan sikap dari anak. (Inan)

Check Also

Membuat Pembatas Buku Sesuai Cita-Cita

Membuat Pembatas Buku Sesuai Cita-Cita

Edupost.id – memotivasi siswa agar giat belajar memang tidak semudah yang dibayangkan, ada salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *