Minggu , 22 Januari 2017
Home / Metode Pembelajaran / Lima Cara Asyik Mengajarkan Matematika kepada Anak
Lima Cara Mengajarkan Matematika pada Anak
Lima Cara Mengajarkan Matematika pada Anak (Foto: parentingsquad)

Lima Cara Asyik Mengajarkan Matematika kepada Anak

Edupost.id – Matematika menjadi pelajaran yang ditakuti beberapa pelajar. Akibatnya mereka cendrung malas belajar matematika dengan sungguh-sungguh. Berikut ini beberapa cara asyik yang dapat guru atau orangtua coba dalam mengajarkan matematika kepada anak seperti yang disampaikan dalam buku “Rahasisa Sukses Anak Usia Sekolah”.

  1. Katakan dengan lantang

Mintalah anak anda untuk mempelajari konsep-konsep matematika yang harus ia kuasai dan katakan pengertian konsep tersebut dengan keras atau tuliskan di kartu yang bisa dibawa kemana-mana

  1. Latihan Soal

Kerjakan soal-soal sungguhan di kertas atau di papan tulis dan mintalah bantuan anak untuk mengisi atau memberikan jawaban dari soal-soal tersebut.

  1. Tambahkan Warna

Saat anak anda mengerjakan soal-soal yang membutuhkan penyelesaian bertahap untuk bisa menemukan angka jawabannya, cobalah gunakan pensil warna dan kerjakan tiap tahap dalam warna yang berbeda

  1. Adu Cepat

Cetak soal-soal latihan sebanyak jumlah soal yang akan diujikan pada ujian sekolah. Pasang timer dan berikan anak lima kali kesempatan untuk menyelesaikan semua soal sebelum timer berbunyi. Jika anak gagal menyelesaikan semua soal, ingatkan ia ini hanya sebuah latihan dan ia mampu lebih cepat memecahkan soal-soal tersebut jika makin sering latihan.

  1. Gunakan Gambar

Doronglah anak anda untuk biasa menggambar bentuk-bentuk sederhana saat mengerjakan latihan soal dan saat ujian. Terutama untuk membantu memecahkan soal cerita yang melibatkan ruang dan bidang serta ukuran.  (Ica)

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *