Selasa , 28 Maret 2017
Home / Metode Pembelajaran / Lima Metode Kreatif Ajarkan Tata Surya
Mengajari anak Mengenal Tata surya
Mengajari anak mengenal tata surya (Foto :Seasky)

Lima Metode Kreatif Ajarkan Tata Surya

Edupost.id- Mengajari anak mengenal tata surya dengan teori mungkin lebih sulit dibandingkan saat mengenalkan nama hewan atau warna. Untuk dapat mengajari anak tanpa merasa kesulitan, teknik  bermain sambil belajar bisa membuat kebosanan anak berkurang. Berikut ini lima metode kreatif untuk mengajari anak mengenal tata surya, seperti dilansir Flintobox.

Tata surya terdiri dari matahari sebagai pusat dan dikelilingi planet-planet, bulan,  komet (bintang berekor), meteor (bintang beralih), satelit, dan asteroid. Lima metode kreatif untuk mengajari anak mengenal tata surya iala sebagai berikut:

  1. Membuat miniatur dari lilin warna

Mengajarkan tata surya jadi lebih mudah dengan membentuk lilin warna sesuai dengan warna planet, dan menyusunnya sesuai tata surya aslinya.

  1. Menggambar di atas kertas atau kanvas

Anak sangat menyukai warna dan gambar, buatlah gambar susunan planet atau rasi bintang dan biarkan anak yang mewarnai. Jangan lupa sertakan nama pada bagian gambarnya, untuk menghafalkan nama dan urutan keberadaannya.

  1. Membuat bulan dengan bola mainan

Bola yang berwarna putih yang dicat hitam, dapat mengenalkan anak tau jenis dan letak bentuk bulan. Misalnya bulan purnama, gerhana, atau Umbra dan Penumbra.

  1. Membuat kartu Galaksi

Membuat kartu dengan urutan tata surya atau rasi bintang, meminta anak menebak gambar yang diberikan. Anak dapat menghafalkan warna dan nama dari isi galaksi luar.

  1. Menonton Film

Jika sulit menjelaskan sistem Tata Surya kepada anak dengan berbicara, ha termudah hanya dengan menunjukan video, dokumenter yang membuat cerita planet. Bisa memotivasi anak minat untuk mengenal Susunan Tata Surya atau benda langit. (Inan)

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *