Kamis , 17 Agustus 2017
Home / Metode Pembelajaran / Matematika Jadi Asyik dengan “Manusia Penentu Bilangan”
bermain bilangan
Bermain tentang bilangan (USAID dok.)

Matematika Jadi Asyik dengan “Manusia Penentu Bilangan”

Edupost.id – Mengajarkan pelajaran Matematika terutama materi tentang bilangan dibutuhkan metode kreatif agar lebih mudah dipahami siswa. Permainan “Manusia Penentu Bilangan” berikut ini patut dicoba agar siswa bisa memahami tentang bilangan sesuai dengan urutannya, yaitu satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan jutaan.

Permainan ini yang disarikan dari buku “Ruang Belajar” ini hanya membutuhkan alat dan bahan yang relatif mudah didapat, karena memanfaatkan barang-barang di sekitar kita.

Peralatannya ialah sbb:

  1. Buku paket pelajaran matematika
  2. Sepuluh kertas kotak bertuliskan angka
  3. Kapur tulis atau spidol
  4. Papan tulis
  5. Kotak pensil dan penghapus

Proses pembuatannya yakni:

  1. Guru menjelaskan tentang operasi hitung bilangan ribuan dan memberikan contoh penyebut dan angka bilangan ribuan.
  2. Guru mengajak siswa bermain dan meminta beberapa siswa maju ke depan kelas
  3. Siswa tersebut berbaris menyamping sesuai urutan perannya, yaitu berperan sebagai satuan berdiri paling kiri diikuti yang berperan sebagai puluhan, ratusan, dan ribuan.
  4. Guru memberi kesempatan kepada para siswa untuk memilih secara acak kartu berisi angka 0-9 yang telah disiapkan.
  5. Para siswa memperlihatkan angka tersebut kepada temannya. Kartu tersebut diletakkan di depan dada atau di atas kepala agar temannya dapat melihat dengan jelas.
  6. Guru menjelaskan terlebih dahulu konsep penentu titik, yaitu setelah urutan ketiga dari paling kiri (satuan). Sehingga dalam hal ini titik harus diletakkan setelah siswa yang berperan sebagai ribuan.
  7. Guru menuliskan angka-angka yang dipegang oleh setiap muridnya di papan tulis dan menghitung dari paling kiri untuk menentukan titik ribu.
  8. Guru memepersilahkan untuk salah satu temannya agar menentukan letak titik ribu dan menandainya dengan, misalnya, kotak pensil atau penghapus.
  9. Guru mempersilahkan salah satu muridnya yang duduk menyebutkan bilangan ribuan tersebut.
  10. Guru dapat mengulangi permainan ini dengan operasi bilangan dan urutan angka lainnya sampai para siswa lebih paham.

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *