Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Metode Pembelajaran / Melatih Siswa dalam Kelas Profesi “Pendidikan”
siswa praktik mengajar di kelas
Siswa praktik mengajar di kelas (honaunauelementary doc.)

Melatih Siswa dalam Kelas Profesi “Pendidikan”

Edupost.id – Kadangkala guru juga perlu memberi kesempatan siswa untuk berlatih mengajar di kelas. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan bakat minatnya juga menumbuhkan kepercayaan diri mereka untuk berbicara di depan umum. Berikut ini penjelasannya seperti yang Edupost sarikan dari buku “Ruang Belajar”. 

Alat dan bahan utama:

  1. Spidol
  2. Papan tulis
  3. Kapur untuk mengajar

Langkah pelaksanaannya ialah sbb:

1.Pendidik mencari dan menggali minat-bakat siswa, siapa yang memiliki minat mengajar dan ingin menjadi pendidik. Minat bakat peserta didik yang berpotensi kemungkinan besar sudah dapat dikenali oleh pendidik.

2. Prinsip dalam metode ini adalah kelas besar mengajar kelas kecil. Oleh karena itu, peserta didik kelas 4,5,6 dapat mengajar kelas 1,2, dan 3.

3. Jika peserta didik sudah merasakan yakin dan percaya diri untuk mengajar sendiri di kelas, lebih baik pendidik memberikan kesempatan mengajar sendiri. Jika tidak, dapat dimodifikasi dengan mengajar berdua atau lebih agar peserta didik semakin percaya diri. Materi dapat disesuaikan dengan kemampuanpeserta didik.

4. Pendidik bertindak sebagai fasilitator atau mentor bagi peserta didik yang menyampaikan materi. Disesi kegiatan dapat dikembangkan dengan refleksi tentang perasaan peserta didik setelah menyampaikan materi.

5. Metode ini dapat menjadi alternatif pengembangan jiwa mandiri peserta didik dalam belajar. Kegiatan ini dapat ditindak lanjuti dengan pembagian jadwal kepada peserta didik yang berminat mengajar secara berkala dengan persiapan yang matang. Kegiatan ini sekaligus dapat dilanjutkan dengan program “pendidik_peserta didik” di luar kelas.

Check Also

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Belajar Matematika Melalui Tebakan dan Periksa

Edupost.id- Ketika siswa pertama kali memulai mengerjakan soal cerita matematika yang rumit, mereka perlu menggunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *